Gagalnya Pelantikan Dua Bupati, Plt Gubri Sudah Tahu Senin Malam

Selasa, 19 April 2016 - 13:27:26 wib | Dibaca: 2510 kali 
Gagalnya Pelantikan Dua Bupati, Plt Gubri Sudah Tahu Senin Malam
Masyarakat Rohul mempertanyakan Pembatalan Pelantikan Bupati dan Wabup terpilih Suparman dan Sukiman dengan Plt Gubri di gedung DPRD Riau

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri) Arsyadjuliandi Rachman ternyata sudah mengetahui bahwa pelantikan dua Bupati akan ditunda, pada hari ini Selasa (19/4/2016).

Pasalnya hal ini terungkap dari pengakuan Plt Gubri sendiri yang mengatakan bahwa dirinya menerima telegram dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo Senin malam sekitar pukul 23. Wib (18/4/2016), yang berisi bahwa pelantikan HM Harris dan Zardewan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan,  Suparman dan Sukiman sebagai Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ditunda pada hari ini Selasa (19/4/2016).

"Ya tadi malam sekitar jam 23. Wib lebih kami mendapat telegram dari Kementerian Dalam Negeri bahwa menunda pelantikan Bupati Rohul dan Pelalawan, sampai batas waktu yang tidak ditentukan" katanya kepada Wartawan Selasa (19/4) di Gedung DPRD Riau.

Namun ironisnya meski dirinya mengetahui bahwa pelantikan kedua Bupati ini bakal ditunda, Plt Gubri tidak pernah menyampaikan kepada wartawan saat meliput rapat kecil disebuah restoran di Pekanbaru Senin malam (18/4) meskipun saat itu juga hadir Suparman Bupati terpilih di Rohul.

Ardison Tokoh Masyarakat dari Kabupaten Rohul saat beraudiensi sesama masyaraktat yang menghadiri agenda pelantikan di DPRD Riau di ruangan medium menyatakan bahwa Plt Gubri tidak tegas dan tidak terbuka.

"Harusnya kami diberitahu jika pelantikan ini ditunda, hingga kami bisa membatalkan keberangkatan dari Rohul, ini Plt tidak tegas dan transparans, yang jelas kami mau Bupati dan Wabup pilihan kami dilantik, terkait masalah hukum kami tidak mau tahu" tegas Ardison.

Sebelumnya diberitakan bahwa kedua Bupati ini sesuai dengan jadwal akan dilantik pada hari ini. Namun dinamika politik dan persoalan hukum diindikasikan menjadi penyebab batalnya pelantikan dua Bupati ini.

Reporter Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA