Warga Pekanbaru Keluhkan Gula Langka dan Mahal

Selasa, 17 Mei 2016 - 13:15:51 wib | Dibaca: 3840 kali 
Warga Pekanbaru Keluhkan Gula Langka dan Mahal
ilustrasi

Gagasanriau.com, PEKANBARU - Masyarakat di Kota Pekanbaru mengeluhkan keberadaan gula pasir yang mengalami kelangkaan. Selain langka, harganya juga sangat mahal, sebelumnya harga gula pasir sebesar Rp 11 ribu per kilogram, kini telah mencapai Rp 15.000 sampai Rp 17.000 per kilogram.

Seperti diakui salah seorang warga yang merupakan pedagang juice, Adi, sudah dua pekan terakhir harga gula melambung tinggi. "Selain langka, mahalnya harga gula pasir diduga akibat meningkatnya permintaan seiring dengan menjelang Ramadhan hingga lebaran," jelasnya.

Sementara itu, Humas Bulog Divre Riau Kepri, Hendra Gunafi mengatakan pihaknya kehabisan stok, karena masyarakat datang menyerbu membeli karena Bulog menjual hanya Rp 12.500 per kilo gram.

"Sudah beberapa hari ini stok habis, di sisi lain stok dibatasi sebagaimana alokasi nusantara di pabrik gula PSM Lampung. Jadi belum tahu kapan lagi masuk gula ke gudang," urainya.

Untuk mengatasi kenaikan harga gula pasir di Pekanbaru yang terimbas dari berkurangnya pasokan gula dari sentra penghasil pulau Jawa, Tim Penjualan Gula, Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Riau, melakukan operasi pasar gula dengan harga Rp 12.000 per kg di sejumlah titik.

Ketua Tim Penjualan Gula, PPI Pekanbaru, Aing Suwahir mengatakan kenaikan harga gula yang sudah mulai dirasakan masyarakat sejak beberapa pekan lalu langsung dijawab oleh pemerintah.

“Menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri kebutuhan gula meningkat tinggi, karena itu PPI berupaya terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat di seluruh Indonesia yakni memberikan harga gula yang murah, sebagaimana instruksi pemerintah,”  ujarnya seperti dilansir RRI.

Menurutnya, PT PPI dipercaya pemerintah sebagai stabilisator harga dan pemegang stok Gula Kristal Putih nasional. Karena itu PPI terus berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengonsumsi gula. Ia juga memastikan stok gula akan aman sampai Idul Fitri mendatang.

“Namun, harga diberbagai daerah ada perbedaan. Seperti harga gula kristal putih PPI untuk pulau Jawa dijual kisaran harga RP. 11.500,00 sampai dengan Rp. 12.000,00 dan di luar Jawa antara Rp. 12.000,00 sampai Rp 12.500,00. Tapi khusus di Pekanbaru sebesar Rp 12.000,- per kg,” imbuhnya.***



Editor: Saut BB
 


Loading...
BERITA LAINNYA