Luar Biasa! Gema Muharram di Inhil Masuk Kalender Wisata Nasional

Selasa, 21 Juni 2016 - 22:41:21 wib | Dibaca: 2963 kali 
Luar Biasa! Gema Muharram di Inhil Masuk Kalender Wisata Nasional
Bupati dan Wabup terima penghargaan

GagasanRiau.com, Tembilahan - Iven Gema Muharam yang diselenggarakan oleh Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ditiap tahunnya menjadi kebanggaan masyarakat Inhil. Sebab, Iven ini sudah dua kali mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2014 dan 2015.

Menariknya, Iven Gema Muharam sudah masuk kalender iven wisata Riau di Kementerian Pariwisata RI.

"Gema Muharam sudah dua kali masuk Muri. Dan kali ini, Pemerintah Provinsi Riau sendiri sudah melakukan launching kalender iven wisata Riau di Kementerian Pariwisata RI. Salah satunya adalah Gema Muharam yang ada di Inhil. Ini tentu menjadi salah satu kebanggaan bagi kita," ungkap Wardan, Selasa (21/6/2016)

Kali ini, Pemerintah Provinsi sudah memprogramkan wisata Riau. Untuk mendukung wisata Riau, Bupati Wardan juga sudah mempersiapkan strategi khusus. Bahkan, dirinya mengaku siap melakukan promosi habis-habisan.

"Rencana 2016 ini kita akan mengangkat budaya lokal berupa Bardah yang merupakan alat kesenian daerah. Kita akan menampilkan 1001 Bardah," katanya.

Bardah tersebut akan menyambut kehadiran masyarakat pada saat istiqosah yang dilaksanakan selama 10 hari, yang dimulai dari 1 Muharram, tanggal 2 sampai 8. Setiap malamnya akan melaksanakan Festival seni bernapaskan islam yang ada di Inhil. diantaranya Festival Berjanji, maulid habsy, rabbana, pembacaan selawat, pembacaan syair ibarat kabar  kiamat dll.

"Mudah-mudahan kedepan kegiatan keagamaan di Inhil dapat meningkatkan lagi. Pemkab akan menyiapkan beberapa promosi baik melalui media cetak, online maupun media sosial," tukasnya.

Humas/Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA