Pimpin Apel Penanggulangan Karhutla, Bupati Wardan Harap Semua Pihak Siap Siaga

Kamis, 10 Maret 2016 - 06:11:33 wib | Dibaca: 2318 kali 
Pimpin Apel Penanggulangan Karhutla, Bupati Wardan Harap Semua Pihak Siap Siaga

GagasanRiau.Com Tembilahan - Saat menjadi inspektur upacara apel gabungan kesiapan penanganan kebakaran lahan dan hutan (karlahut), Bupati Wardan menyatakan semua pihak harus siaga. Hal ini diungkapkan dalam rangka menghadapi bencana asap di Provinsi Riau, Kamis (10/3/2016) Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan .

Upacara yang dipusatkan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan ini, turut dihadiri Unsur Forkopimda dan sejumlah Pejabat Eselon, serta aparat dan Forun Masyarakat Melawan Api Kabupaten Inhil.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, guna menyamakan langkah, menyatukan tekad untuk saling bahu-membahu dalam menanggulangi bencana asap yang telah dan mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.

Apalagi, untuk diketahui di awal-awal tahun 2016 sampai dengan tanggal 9 Maret 2016 kemarin, berdasarkan data dari Satelit NOAA 18 di Kabupaten Inhil sudah terpantau 7 Hotspot (titik api).

"Apel gabungan ini kita laksanakan, dalam rangka menunjukan kesiapsiagaan kita mengantisipasi terjadinya karlahut," tutur Bupati Wardan.

Langkah tersebut penting dilakukan, lanjut Bupati Wardan, karena melihat kondisi suhu dan cuaca sangat panas dan sudah terjadi pergesaran. Dimana, seharusnya saat ini terjadi curah hujan, tetapi rentang waktu Januari – Maret sudah terjadi 7 titik Hotspot di Kabupaten Inhil, sehingga perlu dilakukan kesiapan yang lebih intensif lagi, dengan melibatkan beberapa komponen.

"Seluruh pihak terkait harus melakukan sosialisasi sampai ke tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan agar siap siaga ketika indikasi adanya titik api, termasuk seluruh komponen masyarakat untuk peduli memadamkan titik api, serta menyediakan sarana dan prasarana guna memadamkan api," tambahnya.

Usai melaksanakan apel gabungan tersebut, Bupati Wardan dan rombongan meninjau berbagai peralatan yang telah dipersiapkan untuk menangani karlahut di Kabupaten Inhil.

Humas


Loading...
BERITA LAINNYA