Bengkalis Harus Bersih Dari Mafia Proyek, Transparan Dan Ikuti Aturan

Kamis, 28 Juli 2016 - 23:29:58 wib | Dibaca: 8698 kali 
Bengkalis Harus Bersih Dari Mafia Proyek, Transparan Dan Ikuti Aturan
Usman Koordinator FITRA Riau

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Maraknya isu pesan singkat yang diduga dan  diindikasikan dari nomor telepon genggam Riki Hariadi adik kandung Bupati Bengkalis kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) membuat berbagai organisasi masyarakat angkat bicara.

Pasalnya dengan adanya isu tersebut dapat mengganggu birokrasi yang bersih dan bebas dari unsur korupsi. Korbannya pembangunan tidak maksimal dan tentunya mengorbankan rakyat.

Untuk itu, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis harus transparan dan mengikuti aturan dalam mengelola uang rakyat.

Dimana hal ini diungkapkan Usman Koordinator FITRA Riau untuk merespon mafia proyek di Kabupaten Bengkalis serta penegasan kepada Bupati Amril Mukminin bahwa kepempinannya harus terbuka pada publik dalam proses penganggaran uang rakyat.

"Pemerintah harus terbuka pada publik dan mengikuti peraturan UU dalam mengelola duit rakyat, apalagi terhadap pelaksanaan proyek pembangunan harus melalui pelelangan resmi melalui LPSE." Kata Usman kepada GagasanRiau.Com Rabu siang (27/7/2016). Baca Ini Modus Mafia Proyek Di Kabupaten Bengkalis, Beredar SMS Dari Adik Bupati Bengkalis

"Karena pemerintahan itu bukan perusahaan pribadi yang seenaknya mengaturnya. Jika ada UU yang ditabrak maka penegak hukum harus berani menindak. Disamping itu masyarakat harus berani mengawasi setiap kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis" ujarnya.

Dikatakan Usman lagi, Kabupaten Bengkalis merupkan salah satu daerah dengan APBD terbesar di Indonesia. Seharusnya segala kebutuhan dasar masyarakat dapat dipenuhi. "Apalagi kemiskinan di Bengkalis saat ini masih tinggi" katanya lagi.

Jadi, lanjut Usman lagi,  jika mafia proyek ini tidak ditindak secara tegas jelaslah sudah bahwa Pemkab Bengkalis dalam penggunaan anggaran justru untuk memperkaya para elit, bukan  program-program yang mengarahkan pada penurunan angka kemiskinan terutama pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Jika memang Pemkab Bengkalis serius dan transparan dalam mengelola uang rakyat tersebut, dijelaskan Usman sangat mungkin sekali Amril selaku bupati dapat menekan angka kemiskinan. Ditambah lagi besar Anggaran Dana Desa  (ADD) yang dialokasikan untuk desa-desa di Pemkab Bengkalis.

"Kita ketahui, desa-desa di Bengkalis juga mendapat Alokasi Dana Desa paling besar (Data FITRA Riau Desa di Kabupaten Bengkalis akan mengelola anggaran mencapai RP. 3,7 Miliyar/desa) , maka dengan itu, Pemda harus melakukan pengwasan dalam penggunaan anggaran tersebut untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan menerbitkan aturan sehingga Pemda desa tidak bisa bermain-main dengan anggaran tersebut" tutup Usman.

Sebelumnya diberitakan bahwa Riki Hariadi yang merupakan adik kandung Bupati Bengkalis Amril Mukminin santer disebut telah menyebarkan pesan singkat kepada PPTK, agar setiap kontraktor atau rekanan kerja menyetor sejumlah uang jika ingin mendapatkan proyek di daerah setempat.

Riki Hariadi juga Pejabat Eselon IV yang jadi Kepala Seksi (Kasi) Udara di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) ini, disebut-sebut mengatur paket proyek di Kabupaten Terkaya di Riau.

Dan berikut ini adalah pesan singkat yang didapatkan dari narasumber yang dikirim melalui nomor 082318888*** dan diketahui bahwa nomor tersebut milik Riki Hariadi. Dan dikirimkan ke kepada pejabat berwenang yang diteruskan kepada kalangan kontraktor yang diterima dari sumber :

"Angka ttp komitmen stlah potong pajak di angka 17.5% - banting 4% pnwran sisa= 13.5%...siap kan copy print out buku rekning brsaldo..siapkn 3 lmbr chek giro pt/cv.An.dirut langsung.atau si pnjamin byr ny..3 chek tsb hrs di ttd.cap pt/cv olh dirut/si pnjamin ny dan ditulis angka per 1 chek nya nilai 2.5%/6%/5%..di bgi hbs dr total sisa 13.5% d atas..no seri cek wjb di lapor/konfirmasi ke bank utk d blockir trlbh dulu..stlah ok.masukan 3 chek tsb dlm 1 amplop..Lalu siap kan 1 kop surat pt/cv ybs...tulis nama dirut,nm paket dan kode paket.nilai paket.jg angka pnwarany..ttd dirut dan cap pt/cv..msukan dlm 1 amplop tsb...lalu serahkan dgn memakai tnd trma..pd sipenerima.amplop tsb...slsai..dan ini brlaku utk smua dirut yg bnar2 pny prsiapan mbyr komitmen dan ingin menang pket ny msing2...(brlaku pengembalian amplop chek dirut yg trjamin utuh .apbila trjd kalah tender atau trdpt TL pd pngumuman rangking.ny.." ‎.‎

Reporter Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA