Parah! Triwulan II 2016, Dinas Ciptada Riau Serapanya Baru Lima Persen

Rabu, 10 Agustus 2016 - 19:35:48 wib | Dibaca: 4903 kali 
Parah! Triwulan II 2016, Dinas Ciptada Riau Serapanya Baru Lima Persen

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Kinerja Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Sumber Daya Air Provinsi Riau, termasuk parah dalam realisasi anggaran. Pasalnya hingga saat ini baru bisa merealisasikan serapan dana APBD 2016 sekitar lima persen hingga triwulan II-2016.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Riau Ahmad Hijazi, Rabu (10/8/2016), mengungkapkan bahwa Dinas Ciptada berkinerja paling rendah untuk serapan anggaran dibandingkan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

"Dinas Cipta Karya terendah, baru lima persen jika dibandingkan dengan 12 SKPD lainnya sudah mulai terlihat progresnya," katanya.

Ia memaparkan, rendahnya realisasi Dinas tersebut telah dievaluasi sebelumnya, pihak Ciptada beralasan disebabkan benturan regulasi sehingga menghambat percepatan realisasi anggaran.

"Evaluasi setiap minggu dilakukan,  kita beberapa kali diskusi, dan kami menerima alasan rasional dari mereka yang terbentur regulasi," ujarnya.

Namun begitu, Ia sepenuhnya tidak membenarkan alasan tersebut. Menurutnya karena aturan sudah lama dikeluarkan,  bukan harus menyesuaikan dengan regulasi baru.

"Aturan itu kan bukan aturan yang baru. Intinya itu diperencanaannya," tuturnya.

Meskipun begitu, kata dia,  evaluasi juga perlu dilakukan di sektor penunjang dalam penyusunan perencanaan program yakni di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  dan Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) perlunya  pengawasan. "Suatu kegiatan itu, tidak bisa berjalan dengan baik kalau perencanaan tidak baik," katanya.

Makanya kedepan, seluruh kegiatan yang direncanakan harus betul-betul matang, dan metodenya harus baik. Baik secara administrasi maupun secara aturan.

Sebagai informasi, serapan APBD Riau baru mencapai 29 persen, sejak dirinya dilantik menjadi Sekda Provinsi seminggu lalu, pergerakan serapan APBD sudah mencapai 3 persen.

Dijelaskan Ahmad Hijazi,  untuk SKPD lain seperti Dinas Bina Marga, yang memiliki anggaran besar, sudah terus mengalami peningkatan dalam serapan anggarannya, begitu juga dengan Dinas Pendidikan dan sejumlah Dinas lainnya. Namun yang masih jadi sorotan adalah Dinas Ciptada yang belum bergerak.(ANT)

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA