Sirajudin: Kinerja Tenaga Harian Lepas DKPP Inhil Cukup Memuaskan Masyarakat

Senin, 05 September 2016 - 08:05:56 wib | Dibaca: 2257 kali 
Sirajudin: Kinerja Tenaga Harian Lepas DKPP Inhil Cukup Memuaskan Masyarakat
Petugas kebersihan di Inhil

GagasanRiau.com, Tembilahan - Dalam hal kinerja, Sirajudin menilai, para petugas kebersihan yang berstatus sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) DKPP Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), cukup memuaskan dan dapat respon positif dari masyarakat.

Menurut penilaian masyarakat, para petugas tersebut telah menunjukkan kedisiplinan dalam bekerja yang memberikan dampak positif terhadap kebersihan kota. Kondisi ini juga membuat kenyamanan bagi masyarakat.

"Saya mengapresiasi kinerja para petugas kebersihan yang tak kenal waktu dalam menjalankan tugas. Menyangkut masalah kebersihan seperti yang saya dengar, mendapatkan penilaian positif dari masyarakat," ujar Kepala DKPP Inhil, Sirajudin.

Kendati demikian, Sirajudin menyadari, bahwa masih banyak hal yang mesti dibenahi untuk kedepannya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari sisi jumlah petugas kebersihan telah mencukupi sebatas untuk mengakomodasi wilayah Kecamatan Tembilahan.

"Untuk jumlah personil tak ada masalah, sudah mencukupilah sejauh ini," tukasnya.

Selanjutnya, Sirajudin juga mengatakan bahwa, kebersihan lingkungan Kabupaten Indragiri Hilir bukan hanya tugas dinas terkait, melainkan juga butuh kesadaran Masyarakat dan kerjasama lintas sektor.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan tidak serta-merta tumbuh dan berkembang tanpa peran pemerintahan di masing-masing wilayah,  mulai dari tingkat Kecamatan hingga Rukun Tetangga (RT)  sekalipun.

"Butuh kesadaran dari masyarakat dalam hal menjaga kebersihan. Tidak mungkinkan rasanya kesadaran itu datangnya dari kami (DKPP, red). Dalam hal ini, yang turut berperan penting dalam menumbuhkembangkan kesadaran itu ialah para Camat misalnya, bahkan lurah hingga RT," jelasnya.

Tak hanya itu,  guna memberikan pelayanan prima dan kinerja yang optimal dalam kaitannya dengan persoalan kebersihan, diperlukan sinergi lintas sektor di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Inhil.

"Kerjasama dari Satker (Satuan Kerja) terkait sangat diperlukan, seperti dari Badan Lingkungan Hidup. Selain itu, dalam pelaksanaan pelayanan kebersihan,  seperti pembersihan got-got yang sudah banyak mampet dikarenakan material bangunan yang tertimbun, juga diperlukan perhatian dari Dinas Cipta Karya dan/atau Buna Marga," tandas Sirajudin.

Reporter: Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA