Wah, Ada Mark Up Harga Tanah Pembelian Lahan Hotel Kuansing

Rabu, 02 November 2016 - 14:15:18 wib | Dibaca: 3542 kali 
Wah, Ada Mark Up Harga Tanah Pembelian Lahan Hotel Kuansing
Ilustrasi

GagasanRiau.Com Teluk Kuantan - Selama kepemimpinan Sukarmis menjadi Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sedikit demi sedikit mulai terkuak bau tak sedap. Salah satunya pengadaan lahan hotel Kuansing ternyata tidak sesuai dengan SK Bupati Kuansing tentang penetapan NJOP sebagai dasar PBB-P2. Diduga terjadi penggelembungan hingga tiga kali lipat.

Sebagaimana dilansir oleh riauterkini, pengadaan lahan hotel Kuansing ternyata tidak sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Kuansing No:KPTS.172/IV/2013 tentang penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebagai dasar Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Dalam SK tersebut harga NJOP per meternya saat itu ditetapkan hanya sebesar Rp128 ribu. Sementara harga tanah yang dibayarkan oleh Pemda Kuansing melalui kesepakatan tim yang hanya berjumlah tujuh orang (seharusnya 9 orang) untuk lahan hotel tersebut sebesar Rp335,700 ribu, atau tiga kali lipat dari nilai NJOP.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada tahun 2014 lalu, Pemkab Kuansing membayar harga tanah seluas 23.049 m2 itu dengan nilai sebesar Rp7.737.550.000. Seharusnya, jika berpatokan kepada harga NJOP tersebut, Pemkab Kuansing cukup membayar tanah itu lebih kuranhg sebesar Rp2.950.272.000, dengan perhitungan 23.049 m2 dikalikan nilai NJOP permeter Rp128 ribu.

"Ini patut kita curigai, bayangkan hampir Rp5 miliar terjadi selisih harga," ujar Sekretaris Suluh Kuansing, Zubirman SH kepada riauterkinicm, Rabu(2/11/16).

Atas adanya temuan tersebut, Zubirman minta aparat penegak hukum yang ada di Kuansing ini adu cepat untuk mengungkapkan kebenaran permasalahan ini, sehingga uang rakyat yang di hambur-hamburkan untuk membeli lahan tersebut yang nota bene tidak sesuai dengan harga NJOP bisa terselamatkan.

"Kita mendorong pihak kepolisian atau kejaksaan segera menyelidiki dugaan markup pengadaan tanah ini," tutup Ketua LSM Suluh Kuansing Nerdi Wantoomes.(RTC)

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA