Bupati Wardan Tandatangani NotaKesepahaman antara Menteri Pertanian dengan Bupati/Walikota

Sabtu, 03 September 2016 - 17:26:46 wib | Dibaca: 2040 kali 
Bupati Wardan Tandatangani  NotaKesepahaman antara Menteri Pertanian dengan Bupati/Walikota

GagasanRiau.com, Tembilahan - Bupati Inhil HM Wardan menanda-tangani Nota Kesepahaman antara Menteri Pertanian dengan Bupati/Walikota untuk menjamin pelaksanaan Pengadaan CPNS Penyuluh Pertanian dari Pelamar Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TB Penyuluh Pertanian), Jum'at (2/9/16).
 
Kegiatan yang digelar di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta Selatan ini, selain Bupati HM Wardan juga hadiri bupati/walikota di Indonesia yang daerah juga mendapatkan pengadaan CPNS THL-TB Penyuluh Pertanian).
 
MoU ini dilakukan langsung antara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian dengan para Bupati/ Walikota dan disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman.
 
Total jumlah THL-TB di Indonesia mencapai 25 ribu, dari total itu sebanyak 6.700 orang akan diusulkan pada proses pengadaan CPNS penyuluh pertanian oleh Kementerian Pertanian. 
 
Salah satu item yang menjadi penekanan dalam MoU antara Kementerian Pertanian dan kepala daerah, yakni meningkatkan status THL-TB Penyuluh Pertanian untuk diusulkan dalam proses pengadaan CPNS, melalui proses seleksi oleh BKN. Salah satu ketentuan untuk mengikuti proses pengadaan CPNS ini minimal berusia 35 tahun pada 31 Desember 2016.
 
Bupati Inhil H Muhammad Wardan sangat mendukung program pengadaan CPNS penyuluh pertanian, sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan di negeri ini, terutama di Kabupaten Inhil. 
 
Diharapkan, THL-TB Penyuluh Pertanian yang dapat terpilih sebagai PNS ini, nantinya di lapangan dapat lebih meningkatkan kredibilitas dan kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagai penyuluh pertanian.
 
"Mudah-mudahan secara bertahap  setiap tahunnya akan adanya peluang pengangkatan seperti ini, sehingga kebutuhan akan penyuluh pertanian akan tercukupi," harap bupati.
 
Ditambahkan, peningkatan status THL-TB Penyuluh Pertanian menjadi CPNS tersebut menjadi pemicu untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya produksi padi di Kabupaten Inhil.
 
Untuk diketahui, jumlah THL-TB Penyuluh Pertanian di Inhil yang mengabdi sejak tahun 2007 untuk memajukan sektor pertanian sebanyak 19 orang yang berkasnya disampaikan untuk diseleksi. Sedangkan yang memenuhi kriteria dari THL-TB yang berusia 35 tahun hingga tahun ini sebanyak 12 orang.
 
Loading...
BERITA LAINNYA