Meski Uji Coba, Melintas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Wajib Pakai Kartu

Selasa, 26 April 2022 - 18:39:06 wib | Dibaca: 754 kali 
Meski Uji Coba, Melintas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Wajib Pakai Kartu

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Untuk memudahkan kelancaran mudik lebaran 2022, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dibuka dan resmi difungsionalkan.

Jalur Tol JTTS antar ruas Pekanbaru-Padang Pekanbaru- Bangkinang diresmikan oleh Gubernur Riau Syamsuar bersama di kilometer 9.300 pada, Selasa (26/4/22).

"Jalan ‎Tol Pekanbaru-Bangkinang mulai besok, mulai tanggal 26 April sampai 9 Mei 2022 akan dibuka untuk arus mudik dan arus balik Lebaran," kata Gubri didampingi Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto.

Lebih lanjut Gubri menjelaskan untuk tahap awal ini, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka ada pembatasan- pembatasan yang dilakukan oleh pihak pengelola tol. Dimana jam operasional tol dibuka hanya siang saja, mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

"Jadi tidak sampai malam, karena penerangannya belum siap terpasang semua, dan rambu-rambu belum siap," terang Gubri.

Selain itu, sebut Gubri, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang juga hanya dibuka satu jalur saja. Yakni jalur dari Pekanbaru ke Bangkinang yang dibuka sebelum lebaran dan dari Bangkinang ke Pekanbaru setelah lebaran.

"Jadi untuk ujicoba ini belum dibuka dua jalur, tapi hanya satu jalur. Tentu ini harus kita maklumi bersama," ujarnya.

Selain itu, kendaraan yang melintas di tol Pekanbaru-Bangkinang ini juga terbatas hanya untuk kendaraan mini bus yang masuk dalam golongan I. Sedangkan untuk kendaraan besar seperti bus dan truk belum diizinkan untuk melintas di tol ini.

"Hanya untuk kendaraan kecil saja, bukan kendaraan besar," cetus mantan Bupati Siak dua periode ini.

Kemudian pembatasan lainnya adalah kecapatan hanya boleh 60 Km/Jam, dan harus melakukan tapping kartu elektronik.

"Meskipun masih gratis, tapi tetap harus tapping kartu elektronik, sama seperti uji coba jalan tol Pekanbaru-Dumai waktu itu. Kemudian kecepatan juga hanya boleh 60 Km/Jam," tutupnya


Loading...
BERITA LAINNYA