UMKM Makin Binasa, Alfamart dan Indomaret Kuasai Sudut Kota Pekanbaru

Rabu, 16 November 2016 - 18:27:17 wib | Dibaca: 4889 kali 
UMKM Makin Binasa, Alfamart dan Indomaret Kuasai Sudut Kota Pekanbaru
Gerai Alfamart

GagasanRiau.com Pekanbaru - Ritel besar Alfamart dan Indomaret di Kota Pekanbaru, seiring berjalannya waktu semakin menguasai pasar dan melemahkan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Pasalnya pantauan dilapangan duo ritel dengan modal besar ini sudah masuk ke dalam pemukiman padat warga. Dimana sebelumnya pemukiman padat di lingkungan warga ini adalah pangsa pasar kelas UKM.

Namun anehnya semakin massifnya ritel besar ini disikapi oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hanya sebatas izin saja. Upaya perlindungan terhadap pelaku usaha kecil menengah ini belum ada kebijakan nyata.

Sebagaimana dirilis oleh beritariau, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, mengatakan, Alfamart dan Indomaret sampai saat ini belum mengantongi Izin Usaha Toko Modern (IUTM).

"Dari evaluasi kami selama satu bulan ini dilapangan, memang banyak (Alfamart dan Indonaret,red) belum mengantongi IUTM. Bahkan ada yang belum memiliki izin tapi sudah berdiri," kata Ingot.

Sementara itu Rasman 40 tahun bapak dengan 5 anak ini warga Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai yang sehari-harinya membuka usaha warung kebutuhan sehari-hari ini merasakan dampak buruk dengan maraknya gerai Alfamart dan Indomaret ini.

"Sebentar lagi bangkrut kami bang, sudah sepi pembeli ke kedai kami, sejak ada Alfamart dan Indomaret di Jalan Kertama ini, karena mereka lebih besar modal, pelanggan sudah berpindah"ucap Rasman mengeluh Rabu (16/11/2016).  

Dari data yang ada di Disperindag Kota Pekanbaru, ada sekitar 85 ritel modern yang mengajukan perizinan IUTM. Alfamart dan Indomaret sendiri, masing-masing diberikan Izin Prinsip (IP) dari masing-masing 100 ritel menjadi 150 ritel. Ada penambahan sekitar 50 dari masing-masing ritel Alfamart dan Indomaret.

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA