Tiga Heli Tambah Kekuatan Satgas Karhutla Riau

Rabu, 31 Mei 2017 - 01:05:28 wib | Dibaca: 2845 kali 
Tiga Heli Tambah Kekuatan Satgas Karhutla Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kekuatan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau semakin bertambah dengan kedatangan tiga buah helikopter BNPB yang tiba di Lanud Roesmin Nurjadin, Minggu (28/5).

Kedatangan helikopter ini disambut langsung oleh Kalaksa BPBD Riau H. Edwar Sanger, M.Si dan Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Rsn Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono, M.A., beserta staf BPBD dan Lanud Rsn.

Tiga helikopter yang terdiri dari satu helikopter MI-171, satu helikopter MI-8 serta satu helikopter S-61 Sikorsky ini menambah kekuatan dua buah helikopter MI-172 yang telah ada sebelumnya.

Kalaksa BPBD mengatakan seluruh helikopter ini akan memperkuat Satgas Karhutla Riau dalam rangka penanganan kebakaran hutan dan lahan tahun 2017.

“Sesuai dengan koordinasi kami, heli ini akan disebar di tiga titik, yaitu di Pekanbaru, kemudian di Dumai dan bila diperlukan akan kita tempatkan pula di Japura, mudah-mudahan dengan penempatan seluruh heli yang ada ini, dapat kita optimalkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung Satgas Karhutla”, tambahnya.

Sementara itu Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H Age Wiraksono, S.IP., M.A., melalui Kadisops menyampaikan dalam mendukung kegiatan Satgas Karhutla Riau, Lanud Rsn akan melibatkan seluruh alutsistanya, baik pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 dan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16, maupun heli Super Puma yang melaksanakan stand by SAR di Lanud Rsn.

Ditambahkan Kadisops, sambil melaksanakan latihan rutin, pesawat tempur dan heli ini akan melaksanakan patroli udara untuk memantau serta melakukan pengecekan tentang adanya hot spot sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh BMKG ataupun BPBD sebelumnya.

“Lanud Rsn selaku Satgas Udara bersama-sama dengan satgas lain sebagai bagian dari Satgas Karhutla Riau, akan selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam melakukan upaya-upaya guna mencegah terjadinya Karhutla di Riau”, pungkasnya.(RILIS)


Loading...
BERITA LAINNYA