Warga Bengkalis Kaget Beli Rumah Dapat Bonus Buaya

Jumat, 29 Desember 2017 - 13:48:49 wib | Dibaca: 2492 kali 
Warga Bengkalis Kaget Beli Rumah Dapat Bonus Buaya
Evakuasi buaya Senyulong dengan panjang sekitar 2,5 meter, Kamis (28/12/2017), oleh petugas Balai Besar KSDA Riau Seksi Wilayah III Resort Duri, Bakti Rimbawan dan KPHK, dibantu oleh MMP dan RSF.

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Warga Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, bernama Tajudin terkejut setelah iya membeli rumah. Betapa tidak, ada seekor buaya di kolam belakang rumah yang dibelinya.
 
Ketua Tim evakuasi Tri Witanto mengatakan, berdasarkan penuturan pemilik rumah, buaya yang berada pada kolam berukuran 1 x 4 meter di belakang rumah berlokasi di Jalan Kayangan Duri, Kab. Bengkalis ini telah lama berada di kolam rumahnya tersebut sejak dia membeli rumah dari pemilik yang lama sekitar satu tahun yang lalu. 
 
Pemilik rumah sudah berniat menyerahkannya namun baru saat ini terlaksana. Tajudin melaporkan keberadaan satwa yang dilindungi berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa ini kepada petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. 
 
Setelah mendapat laporan mengenai keberadaan buaya, Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro segera memerintahkan evakuasi buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii) dengan panjang sekitar 2,5 meter, Kamis (28/12/2017), oleh petugas Balai Besar KSDA Riau Seksi Wilayah III Resort Duri, Bakti Rimbawan dan KPHK, dibantu oleh MMP dan RSF. 
 
Saat mengevakuasi, beruntung, buaya itu tak mengamuk hingga akhirnya dibawa ke Kebun Binatang Kasang Kulim di Kabupaten Kampar.
 
Menurut Kepala Humas BBKSDA Riau, Dian Indriarti, buaya itu dibawa ke Kasang Kulim untuk dilepasliarkan karena di sana ada penangkaran. Di sana, buaya itu akan lebih aman dan makanannya terjamin sehingga bisa hidup lebih lama.
 
Editor: Arif Wahyudi 

Loading...
BERITA LAINNYA