Begini Fungsi Aplikasi Monitoring Karhutla Lancang Kuning Polda Riau, Masyarakat Bisa Daftar Relawan Disini

Ahad, 26 Januari 2020 - 13:19:16 wib | Dibaca: 5006 kali 
Begini Fungsi Aplikasi Monitoring Karhutla Lancang Kuning Polda Riau, Masyarakat Bisa Daftar Relawan Disini
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Sunarto saat silahturahmi dengan wartawan Sabtu 25 Januari 2020

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Komitmen Kepolisian Daerah (Polda) Riau untuk menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tahun 2020 ini terus mengalami peningkatan kinerja. Aplikasi teknologi pemantauan secara rill disiapkan sejak awal dengan dukungan berbagai macam fitur sehingga terintegrasi dengan seluruh wilayah hukum Polda Riau disertai kesiapan personilnya di kawasan yang terindikasi terbakar.
 
Aplikasi tersebut dinamakan "Dashbaord Lancang Kuning", sebagaimana diperkenalkan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat melakukan silahturahmi dengan wartawan di Pekanbaru Sabtu 25 Januari 2020.
 
Dasbaord Lancang Kuning ini terang Agung, adalah sebuah suatu sistem penanganan kebakaran hutan secara terukur, terstruktur dan efisien.
 
"Dalam sistem ini menggunakan 4 teknologi Citra Satelite (Terra, NOAA, Lapan dan Aqua) untuk mendeteksi titip api" terang Agung.
 
Menurut Agung, Dashboard Lancang Kuning ini dapat memberikan informasi secara akurat untuk mnedekteksi titik koordinat hotspot atau titik api, melakukan verifikasi di lapangan sehingga memudahkan para petugas melakukan pemadaman.
 
Karena saat ada titik api terpantau di dalam dashboard lancang kuning itu secara otomatis akan menunjukan titik koordinat dan disertai dengan keberadaan personil pemadam di lokasi kebakaran hutan dan lahan.
 
Pemantauan dengan aplikasi ini juga terang Agung, pihaknya secara otomatis dapat menggerakan personil atau relawan bersama peralatan pendukung lainnya dalam melakukan pemadaman.
 
Sehingga proses pemadaman dapat diarahkan agar lebih efektif transparan dan akuntabel.
 
Di dalam aplikasi Lancang Kuning itu juga, terang Agung, Polda Riau dapat mengecek secara menyeluruh baik personilnya di lapangan, ketersedian peralatan pompa, embung air, sekat kanal, hingga landasan helikopter untuk melakukan pengisian bahan bakar dalam proses pemadaman dari udara.
 
Masyarakat umum atau komunitas yang peduli soal penanganan karhutla ini, juga dapat berpartisipasi melalui aplikasi Dashboard Lancang Kuning. Pasalnya di dalam aplikasi itu diberikan ruang kepada pengunggahnya untuk menjadi relawan Karhutla dengan mendownloadnya disini.
 
"Relawan Lancang Kuning yang bertujuan agar para relawan dapat mengakses serta melaporkan kegiatan di lapangan dalam penanganan Karhutla" terang Agung.
 
Nantinya para relawan yang terdaftar itu terang Agung akan dilakukan pendataan. Kemudian akan diberikan pelatihan dalam penanganan Karhutla dan diberikan tugas sesuai dengan kemampuan relawan baik waktu yang dimiliki maupun tugas-tugas yang diberikan.
 
Perekrutan relawan ini terang Agung, adalah upaya Polda Riau bagaimana terbangun sinergisitas kelompok masyarakat untuk sama-sama menangani Karhutla secara gotong royong.   

Loading...
BERITA LAINNYA