Anggota DPRD Pekanbaru Minta Pemko Libatkan Semua Komponen Pelaksanan PSBM

Jumat, 02 Oktober 2020 - 14:27:11 wib | Dibaca: 811 kali 
Anggota DPRD Pekanbaru Minta Pemko Libatkan Semua Komponen Pelaksanan PSBM
Roni Pasla SE, anggota DPRD Kota Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di empat kecamatan di Kota Pekanbaru mulai diterapkan. Namun, Sumber Daya Manusia (SDM) atau personel dari Satpol PP untuk turun di Empat Kecamatan tersebut masih sangat terbatas.
 
Anggota DPRD Kota Pekanbaru menyarankan agar pemerintahan kota melibatkan seluruh sektor yang ada di masyarakat, baik itu dari tingkat RT/RW hingga organisasi kepemudaan agar pelaksanaan PSBM di empat kecamatan itu bisa maksimal.
 
Pasalnya dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat baik tokoh masyarakat, pemuda serta struktur tingkat Rukun Tetangga dan Rkun Warga pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) ini dapat berjalan dan memiliki dampak yang dirasakan langsung manfaatnnya.
 
"Kita itu pengennya dari dulu pemerintah libatkan semua element masyarakat, jadi bagian yang sifatnya umum ditangani oleh Satpol PP dan kepemudaan diperdayakan untuk mengatasi yang di daerah perumahan. Jangan terpaku dengan Satpol, gak bisa kalau hanya dengan mengharapkan satpol," ujar Roni Pasla, pada, Kamis kemarin (01/10/2020).
 
Organisasi kepemudaan sendiri ada di dalam struktur RT dan RW disetiap daerah, sehingga dengan diperdayakan organisasi yang ada di tingkat bawah tersebut dapat ikut berpartisipasi mensukseskan PSBM ini.
 
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan PSBM Kecamatan Tampan sendiri tidak berjalan sukses dalam menekan laju penyebaran Covid-19 dikarenakan dari awal sosialisi yang dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru tidak berjalan dengan maksimal.
 
Soal sosialisasi ini, menurutnya harus dimassifkan sampai ke tingkat bawah basis masyarakat. Sehingga hal tersebut dapat membangun kesadaran kepada masyarakat kenapa diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) tersebut. Dengan demikian katanya saat pelaksanaan di lapangan tidak ada lagi disinformasi di semua sektor soal PSBM ini.
 
Ia juga mengapresiasi langkah Pemko Pekanbaru untuk juga menerapkan PSBM di empat Kecamatan lainnya seperti Kecamatan Marpoyan Damai, Bukitraya dan Payung Sekaki. Yang mana ketiga kecamatan ini sendiri adalah kecamatan yang menjadi penyangga Kecamatan Tampan.
 
"Awalnya kita berharap ini tersosialisasi dengan baik, dan jika sosialisasi baik dan melibatkan elemen masyarakat maka PSBM akan berjalan dengan baik," pungkasnya.

Loading...
BERITA LAINNYA