Keren, Pemprov Riau Akui Sudah Bagikan Masker ke Masyarakat 1,1 Juta Lembar

Selasa, 24 November 2020 - 14:08:25 wib | Dibaca: 873 kali 
Keren, Pemprov Riau Akui Sudah Bagikan Masker ke Masyarakat 1,1 Juta Lembar
Syamsuar pakaikan masker kepada seorang anak saat berolahraga di Stadion Utama Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau, telah membagikan lebih dari 1,1 juta, masker kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19. Pembagian masker itu ada yang didistribusikan melalui instansi-instansi pemerintah, komunitas masyarakat serta berbagai ivent dan kegiatan warga masyarakat. Masker yang dibagikan untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 di Riau.
 
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi Riau Zulkifli Syukur, mengatakan, jumlah masker yang berhasil dihimpun lewat program Gerakan Bersama Pakai (Gebrak) Masker yang dilaunching Gubernur Riau, Syamsuar, pada bulan Agustus 2020 lalu, hingga saat ini tercatat sebanyak 1.795.660 pcs.
 
“Dari 1,7 juta lebih masker yang diterima itu sebanyak 1.108.700 pcs di antaranya sudah didistribusikan. Sehingga per 24 November 2020 ini, jumlah stok masker yang masih disimpan oleh Biro Kesra Pemprov Riau sebanyak 686.960 lembar lagi,” kata Zulkifli Syukur, Selasa (24/11).
 
Dijelaskan Zulkifli, 1,7 juta lebih masker terhimpun itu berasal dari bantuan berbagai pihak. Mulai dari OPD di lingkungan Pemprov Riau hingga berbagai perusahaan perkebunan, pertambangan, BUMN, BUMD serta dunia usaha lainnya. Sampai saat ini berdasarkan data di Biro Kesra Pemprov Riau, Grup APRIL APR dan Mitra merupakan salah satu penyumbang masker terbanyak yakni 286 ribu lebih masker.
 
Pendistribusian masker ini, ada yang diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Mesjid-mesjid, sekolah, pondok pesantren maupun pembagian langsung seperti yang dilakukan Gubernur Syamsuar dalam berbagai kesempatan dan iven-ivent. Jadi masker-masker itu dibagikan ke masyarakat melalui berbagai komunitas, instansi pemerintah serta kegiatan-kegiatan lainnya,” ungkap Zulkifli.
 
Disinggung mengenai target Pemprov Riau untuk mengumpulkan masker hingga mencapai 5 juta masker, ia menjelaskan, 5 juta masker tersebut merupakan target pengumpulannya oleh Pemprov Riau lewat program Gebrak Masker yang diluncurkan Gubernur. Target penghimpunan 5 juta masker itu pada awalnya dengan asumsi masing-masing kabupaten kota menyumbang sebanyak 200 ribu masker, sehingga ditargetkan terkumpul sebanyak 2,4 juta.
 
Namun diakuinya, bantuan dari Pemkab/Pemko belum diterima pihaknya. Justru saat ini Pemprov yang pada akhirnya mendistribusikan langsung kepada Pemkab/Pemko melalui kepala daerah masing-masing. Rata-rata kabupaten Kota sudah menerima 100 ribu lembar masker dari Pemprov Riau.
 
“Sampai saat ini yang sudah berhasil dikumpulkan itu adalah sebanyak 1.795.660 masker. Khusus untuk Kabupaten Kuantan Singingi dan Meranti, baru dijadwalkan akan diserahkan minggu-minggu ini. Sedangkan untuk 10 kabupaten/kota lainnya sudah kita distribusikan masing-masing 100 ribu masker,” terang Zulkifli.
 
Sedangkan sekitar 2,6 juta masker lainnya, ditargetkan bantuan dari dunia usaha termasuk perusahaan-perusahaan yang ada di Provinsi Riau. Jumlah bantuan masker dari perusahaan-perusahaan itu juga bervariasi dan diterima secara bertahap karena faktor ketersediaan stok atau bahan untuk pembuatan masker itu sendiri.
 
“Jadi, itu diserahkan mereka secara bertahap melalui Dinas terkait. Misalnya saja bantuan dari perusahaan-perusahaan perkebunan itu dikumpulkan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau sebelum diserahkan ke Biro Kesra. Perusahaan pertambangan melalui Distamben. Begitu juga dengan yang lain-lainnya,” kata Zulkifli lagi.
 
Jadi, intinya, kata Zulkifli, pengumpulan dan pembagian masker akan terus dilakukan hingga pandemi Covid-19 berakhir. Ia juga menjelaskan dalam sepekan terakhir Pemprov Riau melalui Biro Kesra juga menerima bantuan masker dari PHE Kampar sebanyak 14.000 lembar, SPR Langgak (7.200), Chevron (77.760), PEP Lirik (14.000) dan BOB PT BSP sebanyak 3.500 lembar.

Loading...
BERITA LAINNYA