Menpora Apresiasi Komitmen Gubri Jadikan Riau Centra DBON Cabor Dayung

Selasa, 08 Februari 2022 - 16:12:03 wib | Dibaca: 561 kali 
Menpora Apresiasi Komitmen Gubri Jadikan Riau Centra DBON Cabor Dayung

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora), mengapresiasi keinginan Gubernur Riau, Syamsuar, untuk menjadikan Provinsi Riau sebagai salah satu central Disign Besar Olahraga Nasional (DBON). Salah satu cabang ahraga (Cabor) yang diajukan Gubernur yakni cabor Dayung.

Hal tersebut disampaikan oleh Menpora usai menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Riau Syamsuar, sebagai Inisiator Olahraga Indonesia dari Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI, di Kendari, Selasa (8/2). Menpora akan mempertimbangkan Riau akan menjadi salahsatu central pembinaan DBON.

“Kita berharapnya seluruh Provinsi itu menjadi centra, tapi kita mulai bertahap kita mulai dari 10 dulu. Tetapi tadi Gubernur Riau, paling tidak ada satu cabang yang bisa digarap di Riau. Itu akan kita perhatikan. Yang penting ini jalan dulu 2022 ini,” ujar Menpora Zainudin Amali. 

Dijelaskan Menpora, saat ini di beberapa Provinsi sudah ada dalam pembinaan bagi atlet-atlet dari pelajar, Pusat Pendidikan Pelatihan Pelajar (PPLP). Dan nantinya daerah bisa mensinkronkan cabor yang ada di PPLP dengan cabor yang masuk di DBON. 

“Kita punya PPLP di 34 Provinsi, itu akan lebih kita tingkatkan lagi, semuanya cabor yang ada di DBON, jadi tidak melebar seperti yang ada sekarang. Kita akan fokus pada cabang olahraga yang kita harapkan berprestasi,” kata Menpora. 

Berikut cabang olahraga yang masuk dalam DBON, Bulutangkis, Angkat Besi, Panjat Tebing, Panahan, Menembak, Wushu, Karate, Taekwondo, Balap Sepeda, Atletik, Renang, Senam Artistik, Pencak Silat dan Dayung.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, ia telah menyampaikan apa yang menjadi keinginan Riau untuk menjadi salahsatu centra pembinaan DBON. Riau menjari salah satu Provinsi yang pembinaannya cukup baik, bahkan Riau menjadi Provinsi yang memiliki prestasi terbaik se Sumatra, baik di PON maupun pada Porwil.

“Alhamdulillah, kami tadi sudah mendapatkan arahan dari Pak Mentri, untuk ikut mensukseskan Disign Besar Olahraga Nasional. Sesuai arahan pak Mentri nanti kami akan menyiapkan tim di Provinsi, tentunya sesuai dengan yang diinginkan. Kami menyambut baik apa yang diusulkan oleh Pak Mentri cabor Dsyung yang diajukan,” kata Gubri.

“Karena atlet Dayung asal Riau astlet berprestasi dan menjadi andalan Riau di Asian Games kemarin. Dan ini mudah-mudahan Riau ini menjadi pusat atau centra pembinaan Disign Besar Olahraga Nasional di Riau,” tambahnya.

Dijelaskan Gubri, untuk mendukung program tersebut, pihaknya akan mensosialisasikan apa yang telah diprogramkan oleh Menpora, sesuai dengan Peraturan Presiden tentang perubahan pembinaan olahraga Nasional melalui DBON. Dan dijadwaljan Menpora akan berkunjung ke Riau untuk melihat kondisi perkembangan olahraga di Riau.

“Menpora juga akan berkunjung ke Riau, dan sekaligus nanti akan mensosialisasikan Keppres itu, dan sekaligus meninjau venue-venue yang ada di Riau, dan cukup banyak setelah penyelenggaraan PON di Riau. Tentunya ini akan kita tindaklanjuti sesuai dengan komitmen kami, meningkatkan prestasi nasional melalui DBON,” ungkap Gubri.


Loading...
BERITA LAINNYA