Kasus Perdagangan Orang, 43 WNA Bangladesh Diserahkan Rudenim Pekanbaru

Jumat, 30 September 2022 - 17:55:13 wib | Dibaca: 448 kali 
Kasus Perdagangan Orang, 43 WNA Bangladesh Diserahkan Rudenim Pekanbaru
WNA Banglades saat diamankan di Mapolres Bengkalis

GAGASANRIAU.COM, BENGKALIS - AKP Muhammad Reza, Kasat Reskrim Polres Bengkalis mengungkapkan 43 Warga Negara Asing (WNA) asal Bangladesh sudah diserahkan ke kantor Imigrasi Kelas II Bengkalis, selanjutnya akan di kirim ke Rumah Detensi Imigran (Rudenim) Pekanbaru guna proses pemulangan ke negara asalnya.

Para WNA asal Bangladesh ini sebelumnya ditangkap bersama 10 warga Indonesia yang akan diberangkatkan ke negara Malaysia untuk menjadi tenaga kerja ilegal. Mereka ditangkap pada Selasa, 27, September, 2022 sekira pukul 08.50 WIB di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksmana, Kabupaten Bengkalis.

Penyerahan tenaga kerja ilegal ini dilakukan oleh Sat Reskrim Polres Bengkalis pada, Kamis, 29, September 2022 pukul 16.00 Wib di Mako Polres Bengkalis.

Penyerahan tenaga kerja ilegal tersebut selain dihadiri pejabt utama Polres Bengkalis juga Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bengkalis, Dimas Pramudito.

"Kami juga melakukan penahanan tersangka,dan penyitaan barang bukti tersangka ED, 22 tahun " ungkap AKP Reza kepada bukamata.co, Sabtu, 30, September, 2022, melalui sambungan telepon genggamnya.

AKP M Reza juga menjelaskan Tersangka ED ini akan disangkakan Pasal 2 ayat  (1) jo pasal 4 Undang-undang Republik Indonesia No 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan atau pasal 120 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia no 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Terhadap 10 orang PMI pada, Jumat, 30 September 2022 akan di berangkatkan menuju BP2MI Dumai. Perkara akan diproses tuntas oleh penyidik Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Bengkalis. Untuk pengembangan terhadap keuntungan yg didapatkan oleh tersangka dan keterlibatan pelaku lainnya akan didalami oleh Sat Reskrim Polres Bengkalis " tutup AKP Reza.


Loading...
BERITA LAINNYA