27 Kepenghuluan Lakukan Pembentukan Panitia Pilpeng Tahap I

Rabu, 31 Mei 2023 - 18:56:26 wib | Dibaca: 334 kali 
27 Kepenghuluan Lakukan Pembentukan Panitia Pilpeng Tahap I
Kabid Pemerintahan Desa, Sugianto SIP

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 27 Kepenghuluan di Kabupaten Rohil tengah melakukan pembentukan panitia pemilihan penghulu (Pilpeng) serentak tahap I tahun 2023.

Hal itu dilaksanakan, Pasca rapat konsolidasi Forkopimda terkait persiapan pemilihan penghulu (Pilpeng) serentak tahap I tahun 2023 pada pertengahan April lalu.

Sesuai hasil rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, didapati sebanyak  27 kepenghuluan yang akan melaksanakan pemilihan penghulu tahun ini. Soalnya, baru sebanyak itu kepenghuluan yang siap dari segi anggaran.

Kadis PMD Rohil Yandra SIP MSI melalui Kabid Pemerintahan Desa, Sugianto SIP menyebutkan, sebanyak 27 kepenghuluan yang memiliki kemampuan anggaran untuk melaksanakan Pilpeng, sementara yang 23 kepenghuluan lagi kemungkinan menyusul Pilpeng tahap II bersama 96 kepenghuluan lainnya.

"Jadi ada 116 kepenghuluan lagi yang bakal menyusul. Bisa jadi nanti tahap II sesuai kemampuan keuangan desa masing-masing," kata Sugianto.

Sebagaimana arahan bapak Kadis PMD Rohil Yandra SIP MSI, kata Sugi, apabila kepenghuluan itu siapkan anggarannya bisa juga dengan menggunakan dana bagi hasil pajak daerah.

"Minimal setiap kepenghuluan menyiapkan anggaran Rp 60-70 juta. Disitu include semuanya, bisa saja lebih besar lagi bagi kepenghuluan dengan jumlah pemilih yang banyak," ujarnya.

Selanjutnya, kata Sugi, usai tahapan pembentukan panitia Pilpeng ini, akan dilaksanakan pendataan pemilih sementara,  pengumuman daftar pemilih sementara hingga penetapan DPT.

Kendati demikian, katanya, bahwa terkait DPT ini panitia Pilpeng akan mengambil data pemilih dari KPU dan akan disesuaikan dengan data pemilih di setiap kepenghuluan.

"Untuk DPS, panitia Pilpeng berdasarkan hasil data pemilih KPU. Sehingga lebih efektif dan efisien. Insya Allah sesuai tahapan pemungutan suara dilaksanakan pada bulan Oktober nanti," pungkas Sugi.


Loading...
BERITA LAINNYA