SDN 010 Bagan Punak Ikuti Lomba Penilaian Gudep Ramah Lingkungan

Selasa, 01 Agustus 2023 - 13:38:47 wib | Dibaca: 632 kali 
SDN 010 Bagan Punak Ikuti Lomba Penilaian Gudep Ramah Lingkungan
Keterangan foto: Tim Penilaian dari Kwarda Riau pada lomba Gugus depan ramah lingkungan di SD Negeri 010 Bagan Punak

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - SD Negeri 010 Bagan Punak menjadi satu-satunya sekolah dasar yang mewakili Rokan Hilir pada lomba gugus depan ramah lingkungan akhirnya mengikuti penilaian yang dilakukan oleh Kwarda Riau, Senin (31/7).

Kedatangan tim penilai disambut dengan pencak silat serta barisan siswa Pramuka, kepala sekolah serta guru. Kepala SD Negeri 010 Bagan Punak Robisra SPd mengaku bahagia dan bangga karena menjadi perwakilan Rokan Hilir.

"Kami pihak SD Negeri 010 Bagan Punak merasa bangga karena dipilih oleh Pramuka Rokan Hilir untuk mengikuti lomba Gudep ramah lingkungan tingkat provinsi Riau. Semoga mendapat hasil terbaik namun apapun hasilnya itu lah yang telah kami lakukan dengan sebaik mungkin," ungkapnya disela kegiatan penilaian.

Ditempat yang sama, Ketua Gudep 0219 0220 SD Negeri 010 Bagan Punak Sri Rahayu menyebutkan, penilaian tersebut sama halnya dengan penilaian sekolah Adiwiyata. Namun, kali ini dilakukan oleh gugus depan.

"Instrumen penilaiannya juga sama dengan sekolah Adiwiyata. Ada  5 indikator instrumen penilaian. Diantaranya 
Kebijakan, kurikulum, sarana prasarana, komunikasi dan partisipasi," paparnya.

Dikatakan, sebelum penilaian pihaknya melakukan persiapan lebih kurang tiga Minggu.

"Ada sosialisasi dari kwarcap Rohil itu pembinaan untuk lingkungan hidup, 
Pra penilaian dua hari dan hari ini penilaiannya. Terimakasih untuk semua tim yang sudah bekerja sama. Semoga kita bisa meraih hasil yang maksimal," tutupnya.

Sebelumnya Robisra menyebutkan, adapun sasaran dari pelaksanaan lomba Gudep Ramah Lingkungan ini seperti yang disampaikan oleh pihak Kwarda Riau adalah Gerakan Pramuka mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga, memelihara dan mengelola lingkungan hidup secara berkelanjutan dan Gugus Depan mampu menjadi tempat pendidikan nilai-nilai perbaikan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan bagi anggota Gerakan Pramuka. 

"Gudep ramah lingkungan adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan yang program dan peserta didiknya berorientasi pada aktivitas gugus depan ramah lingkungan," ujarnya.

Disebutkan,   Lomba pada tahun 2023 ini mengangkat tema “Mengabdi Tanpa Batas Demi Gugus Depan Yang Gemilang” dengan motto “Satyaku Ku Darmakan, Darmaku ku Baktikan”. Pada tahun ini kegiatan lomba Gugus depan Ramah Lingkungan ini menetapkan sebuah slogan “Hijau Negeri ku, Sehat Bangsaku, Bersih Gudep Ku”.

"Ada 9 Kwartir Cabang se- Riau yang akan mengikuti Lomba Gudep Ramah Lingkungan pada tahun ini, salah satunya sekolah kita " tutupnya.(ian)

 

 


Loading...
BERITA LAINNYA