Mahasiswa Kukerta UNRI Bagikan 650 Bibit Pohon Guna Mitigasi Bencana di Desa Gerbang Sari

Ahad, 13 Agustus 2023 - 20:59:12 wib | Dibaca: 3101 kali 
Mahasiswa Kukerta UNRI Bagikan 650 Bibit Pohon Guna Mitigasi Bencana di Desa Gerbang Sari
Penyerahan bibit

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR – Sebanyak 650 bibit pohon dibagikan secara merata kepada warga desa Gerbang Sari dengan dibantu oleh aparat desa Gerbang Sari. Pembagian bibit pohon tersebut merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa kukerta Universitas Riau Tahun 2023 sebagai upaya penghijauan dan mitigasi bencana.

Menurut Ketua Kelompok Mahasiswa Kukerta, M. Aidil Adha, "Pembagian bibit pohon ini merupakan salah satu program kerja unggulan yang di usung oleh kawan-kawan mahasiswa kukerta Unri 2023. Dalam hal ini, kita berkolaborasi dengan Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Indragiri Rokan." Ujarnya

Pengambilan bibit pohon di jemput langsung oleh ketua kukerta Desa Gerbang Sari Tahun 2023 M. Aidil Adha beserta satu anggota kukerta dan salah satu pihak aparat desa di SMK Kehutanan Jalan Suka Karya Pekanbaru. Bibit pohon yang di dapat terdiri dari beberapa macam jenis, di antaranya yaitu bibit pohon matoa sebanyak 150 pohon, rambutan 250 pohon, durian 150 pohon, dan alpukat 100 pohon.

Bibit pohon di berikan kepada 6 RW yang ada di Desa Gerbang Sari. Tiap RW diberi 80 bibit dengan jenis bibit yang berbeda. Melalui ketua RW bibit pohon akan dibagikan secara merata kepada Masyarakat.

Kepala Desa Gerbang Sari, Bapak Suandi menyampaikan, "Semoga dengan adanya bantuan bibit pohon sebanyak 650 dari mahasiswa kukerta Universitas Riau Tahun 2023 dapat bermanfaat bagi Masyarakat dan juga sebagai salah satu upaya penghijauan dan mitigasi bencana."

Selain itu, saat memasuki musim kemarau wilayah desa Gerbang Sari termasuk wilayah dengan suhu yang lumayan tinggi . Sehingga diperlukan upaya – upaya yang dapat mengurangi kondisi ini.

“Dengan adanya bibit pohon yang dibagikan kepada warga, diharapkan ke depannya wilayah desa Gerbang Sari menjadi nyaman dan asri”. Ujar Kepala Desa Gerbang Sari Bapak Suandi.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak M. Haidar Daulay .M.Sc juga menyampaikan tanggapannya, "Pembagian bibit pohon ini bukan hanya sekedar program kerja seremonial semata. Namun, menjadi bentuk kesadaran akan pentingnya kondisi alam sebagai bentuk kesiapsiagaan dan mitigasi bencana."

Kegiatan ini di akhiri dengan foto bersama antara seluruh anggota kukerta Universitas Riau 2023 dengan Kepala Desa Gerbang Sari sebagai bentuk simbolis penyerahan bibit pohon kepada pihak Desa.


Loading...
BERITA LAINNYA