Bentengi Generasi di Era Globalisasi

Mahasiswa KUKERTA Sosialisasikan Profil Pelajar Pancasila di SDN 008 dan SDN 022 Silam

Jumat, 29 Juli 2022 - 15:54:36 wib | Dibaca: 833 kali 
Mahasiswa KUKERTA Sosialisasikan Profil Pelajar Pancasila di SDN 008 dan SDN 022 Silam
Tim KUKERTA foto bersama dengan siswa dan siswi usai melaksanakan sosialisasi Profil Pelajar Pancasila

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Pendidikan dasar merupakan fondasi yang penting bagi generasi muda untuk membekali dirinya di masa depan. Terlebih perihal wawasan kenegaraan di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat saat ini. 

Untuk membentengi para generasi di era globalisasi dan kemajuan teknologi tersebut,  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (UNRI) sosialisasikan Profil Pelajar Pancasila di SDN 008 dan SDN 022 Desa Silam, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

"Kami bertekad membantu pihak sekolah dalam menanamkan bekal pendidikan dasar mengenai terkait dasar negara dengan mengadakan sosialisasi Profil Pancasila kepada siswa dan siswi," kata Ketua KUKERTA, Resi Putra Prawira, Jumat (29/7).

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Selasa (26/7/2022) sampai dengan Jum’at (29/7/2022) itu dalam rangka menghindari rusaknya mentalitas generasi akibat kecanduan konten hiburan yang ditonton sehingga anak-anak larut dalam gawai mereka. 

"Jika tidak dibarengi dengan bekal pendidikan yang baik serta wawasan kebangsaan yang cukup, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi mereka dan bangsa ini ke depannya," terangnya.

Sosialisasi tersebut, papar Resi Putra, dalam rangka melanjutkan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yaitu Profil Pelajar Pancasila. Program itu disambut dengan baik oleh Kepala Sekolah dan didukung penuh oleh seluruh pihak sekolah bahkan hingga ke wali murid di dua sekolah tersebut.

Di pertemuan pertama kelompok KUKERTA dengan pihak sekolah dalam hal menyampaikan maksud untuk mengadakan sosialisasi tersebut, Abdul Aziz,S.Pd.SD, Kepala Sekolah SDN 008 Silam memberikan respon positif, dan berharap sosialisasi ini berjalan dengan lancar.

“Boleh, boleh, kalau kegiatan seperti itu saya dukung,“ ujarnya sembari mengacungkan jempol.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 022 Silam, Hamdini, S.Pd.SD juga menyambut positif dan akan memberikan ruang kepada mahasiswa KUKERTA yang sedang mengaplikasikan ilmu untuk melaksanakan sosialisasi tersebut demi membentengi generasi sejak dini.

“Silakan lakukan kegiatan ini. Untuk tempat dan waktu, kapanpun akan kami sediakan”, ucapnya. 

Dalam kegiatan ini disampaikannya edukasi mengenai lahirnya Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dan sikap pelajar berjiwa Pancasila.

Metode sosialisasi dan pembelajaran tersebut, para mahasiswa memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswi sebagai quis berhadiah dengan menampilkan tayangan video animasi dan tampilan power point yang menarik.

"Ada quis berhadiah and tayangan video animasi yang menarik membuat mereka menjadi mudah mengingat dan sangat mudah menjawab pertanyaan yang diberikan," papar Resi Putra.

Untuk diketahui, Tim KUKERTA Balek Kampung Gelombang 3 Universitas Riau Desa Silam 2022 dengan anggota lengkap Resi Putra Prawira (Sosiologi) sebagai Ketua, Nadya Wulan Dhari (Pendidikan Sejarah) sebagai Sekretaris, Y.A. Rini Shafa Aqilla (PGSD) sebagai Bendahara, Nadira Alifia Ionendri (Teknik Informatika) dan Eria Trinanda (PGSD) sebagi Tim INFOKOM, Nurul Kemala Putri & Waldi Herwanda (Sosiologi) sebagai Tim Koordinasi Lapangan, Nurhasanah Syafriani & Angelus P Silalahi (Sosiologi) sebagai Tim Konsumsi, dan Januandri Westerling Panjaitan (Hukum) sebagai Tim HUMAS. Menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan bimbingan serta arahan dari Ibu Resdati, S.Sos., M.Si.

 

Penulis: Nadira Alifia Ionendri


Loading...
BERITA LAINNYA