Mahasiswa KKN UMRI Dukung Promosi UMKM DI Kecamatan Payung Sekaki di Masa New Normal

Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:35:09 wib | Dibaca: 1909 kali 
Mahasiswa KKN UMRI Dukung Promosi UMKM DI Kecamatan Payung Sekaki di Masa New Normal
Mahasiswa KKN UMRI Dukung Promosi UMKM DI Kecamatan Payung Sekaki di Masa New Normal

 
GAGASANARIAU.COM, PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dinamakan KKN Merdeka pada 10-24 Agustus 2020 lalu. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini bertemakan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.
 
Dalam pelaksanaanya, KKN Merdeka ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, penganggulangan dampak Covid 19 baik ekonomi, dan pendidikan melalui media sosial maupun terjun langsung ke masyarakat sekitar tempat tinggal mahasiswa UMRI. Pelaksanaan KKN kali ini merupakan kerja sama UMRI dengan Polda Riau dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM. 
 
Program ini juga dilaksanakan di Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru di mana kelompok yang bertugas yakni Kelompok 14 KKN Merdeka UMRI 2020. Kelompok ini terdiri dari 37 mahasiswa dan mahasiswi yang bedomisili di Kecamatan Pyung Sekaki. Keompok ini didampingi oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan, yakni Regionalina Hayami ST MKom dan mengangkat tema Ketahanan Ekonomi dan UMKM.
 
Kegiatan KKN dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu, secara online dan offline. Kegiatan KKN online berupa mengedukasi pelaku UMKM terkait ketahanan ekonomi UMKM, memberikan tips dalam mempertahankan kestabilan ekonomi di masa pandemi saat ini melalui Instagram, Youtube dan Facebook yang di update setiap hari. Sedangkan kegiatan KKN offline dilaksanakan dengan membantu UMKM yang berasal dari kecamatan yang sama dengan domisili tinggal mahasiswa guna membatasi interaksi dengan masyarakat luas ditengah masa pandemi saat ini. 
Tujuan kegiatan yang dilaksanakan agar UMKM didaerah setempat lebih dikenal masyarakat melalui promosi produk unggulan UMKM. Bentuk kegiatan offline yang dilakukan adalah pembuatan video dari produk unggulan UMKM tersebut serta membantu mereka mempromosikan di media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lainnya. Kegiatan KKN offline ini dimulai dengan kunjungan langsung ke beberapa tempat UMKM yang ada di Kecamatan Payung Sekaki untuk melihat proses pembuatan produk dan melakukan wawancara terkait dampak pandemi Covid-19 terhadap UMKM tersebut.
 
Kelompok offline terbagi menjadi 3 kelompok kecil yang memilih 3 UMKM di Payung Sekaki. Yang pertama yakni "Dhea Chaniago" yang merupakan seorang pengrajin Tenun Melayu Riau yang menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang beralamat di Jalan Beringin Perumahan Pesona Beringin Asri blok D-44. Usaha Tenun  Dhea Chaniago ini berdiri sejak Tahun 2006 hingga saat ini sudah memiliki Cabang di daerah Palas.
 
Menurut Dhea Chaniago Semenjak adanya pandemic covid-19 ini  sangat berdampak terhadap usahanya yang mana selama pandemi ini kita tahu bahwa ada larangan melakukan hajatan atau pesta guna menerapkan aturan social distancing untuk memutuskan penyebaran virus covid-19.
 
Selanjutnya, Usaha Kuliner “Sri Catering (Sumber Rezeki Insani)” yang beralamat di Jalan Guru, Dharma Bakti yang berdiri sejak tahun 2006 dan sudah terdaftar di Notaris dan Dinas Kesehatan. Menurut Irfanius selaku pemilik usaha Sri Catering, selama pndemi ini usahanya tidak mengalami dampak negatif karena Sri Catering sudah memiliki Pelanggan tetap.
 
Terakhir, Usaha “Tempe Cap Angsa” UMKM yang terletak di Jl Pemuda Gg. Repelita I yang berdiri sejak tahun 1985 hingga saat ini. Menurut Sri Utami selaku pemilik, selama pandemi ini mereka mengalami penurunan omset dikarenakan banyaknya rumah makan yang tutup.
 
Saat melakukan kunjungan langsung ke tempat UMKM tak lupa seluruh mahasisiwa KKN UMRI datang dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi ini. Kegiatan KKN Merdeka UMRI Kelompok 14 ditutup dengan pemberian Plakat sebagai kenang-kenangan dan ucapan terimakasih. 

Loading...
BERITA LAINNYA