Kades dan BPD Bakal Tersenyum Lemar, Pemprov Riau Tahun ini Gelontorkan Anggaran Pembeliaan Kendaraan Operasional

Rabu, 01 Mei 2024 - 16:17:33 wib | Dibaca: 2400 kali 
Kades dan BPD Bakal Tersenyum Lemar, Pemprov Riau Tahun ini Gelontorkan Anggaran Pembeliaan Kendaraan Operasional
Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kepala Desa (Kades) se Provinsi Riau di tahun ini akan tersenyum lebar. Bagaimana tidak, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan gelontorkan anggran pembelian kenderaan operasional.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengatakan, bantuan dana untuk pembelian kendaraan operasional tersebut bersumber dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) APBD Riau 2024.

"Tahun ini Pemprov Riau memberikan anggaran untuk pembelian kendaraan operasional bagi desa," kata SF Hariyanto, Rabu (1/5/2024).

Gelontoran anggran sebesar Rp45 juta per desa se Provinsi Riau itu langsung diberikan kepada masing-masing Pemerintah Desa (Pemdes) untuk pengadaan dua unit sepeda motor.

"Total anggarannya Rp45 juta per desa untuk pembelian dua unit sepeda motor. Dimana pengadaan kendaraan tersebut, langsung dilakukan oleh masing-masing Pemdes," terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, nantinya anggaran yang diberikan tersebut dapat dibelikan untuk dua unit kendaraan berupa sepeda motor. Satu diperuntukkan bagi kepala desa dan satu unit lagi untuk Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

"Jadi sepeda motornya nanti ada dua, satu untuk kepala desa dan satu untuk BPD," terangnya.

"Mereka yang akan membeli sendiri sendiri kendaraannya, tidak difasilitasi oleh Pemprov maupun Pemkab,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (PMD-Dukcapil) Riau, Djoko Edy Imhar mengatakan, selain bantuan anggaran pembelian kendaraan operasional tersebut, tahun ini Pemprov Riau mengalokasikan anggaran sebesar Rp318.199.529,000 untuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa.

Bantuan tersebut disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Indeks Desa Membangun (IDM). Namun, bantuan yang diberikan disesuaikan dengan klasifikasi BUMDes. Dengan demikian, maka besaran bantuan yang diberikan jumlahnya berbeda-beda.

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran untuk BKK desa sebesar Rp318 miliar lebih. Bantuan tersebut disalurkan melalui BUMDes dan besarannya berbeda-beda,” katanya.


Loading...
BERITA LAINNYA