Mendadak, dr Suratmin Sambangi Sekretariat PAN

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:42:32 wib | Dibaca: 2813 kali 
Mendadak, dr Suratmin Sambangi Sekretariat PAN
r Suratmin SpA MKed saat menyambangi kantor sekretariat partai amanat Nasional (PAN) Rohil

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Secara mengejutkan, dr Suratmin SpA MKed tiba tiba terlihat menyambangi kantor sekretariat partai amanat Nasional (PAN) Rohil yang berada dijalan Kecamatan Bagansiapiapi, Rabu (22/5). Kedatangan dokter spesialis anak  RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi ini, tentunya menimbulkan tanda tanya besar. Mengingat DPC PAN Rohil sendiri saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil Bupati di pilkada 2024.

"Silaturahmi saja. Saya kebetulan dengan pengurus partai amanat nasional ini berteman. Saya kenal dengan ketuanya pak Amansyah dan kawan kawan pengurus lainnya. Diskusi soal politik biasa. Belajarlah. Saya dibidang kesehatan, dan kawan kawan disini bidangnya di politik. Jadi kita diskusi untuk membangun Rohil ini tentunya harus didukung oleh semua aspek," ujar Suratmin usai pertemuan, Rabu (22/5).

Untuk mendaftar sebagai salah satu kandidat, ia belum menjelaskan secara gamblang namun ia tidak menutup diri jika nantinya ada calon yang ingin "meminang" dirinya di pilkada mendatang.

"Kalau misalnya ada peluang dan tujuannya untuk  membangun Rohil dan menjadikan nya lebih baik lagi kedepannya, saya siap untuk mendampingi dan jika nanti PAN mempercayai saya untuk sama sama membangun Rohil ini, saya siap," ucapnya sambil tersenyum.

Sejak 2019 nama  Suratmin sendiri sudah santer terdengar di bursa pilkada Rohil. Ia kerap disandingkan dengan calon petahana maupun  beberapa tokoh yang akan maju. Namun, hal itu hanya sekedar isu saja. Hingga tiba pendaftaran nama bakal calon ke KPU. Saat ditanya kenapa saat ini tiba tiba ia terlihat mulai bergerak, Suratmin menyebutkan ada beberapa persiapan yang harus ia lakukan.

"Dinamika, makin lama kita makin matang. Tentunya harus mantap dulu. Kalau bicara soal kesehatan, memang itu bidang saya. Kalau bicara politik, saya tidak canggung lagi. Malahan tahun 2019 saya pernah di minta partai Hanura Rokan Hilir untuk jadi salah satu panelis.  Jadi dinamika tadi, ada banyak pertimbangan, bekalnya harus cukup dulu. Jadi kalau ditanya siap tidak siap, saya siap untuk mendampingi membangun Rohil lebih baik," tegasnya.

Suratmin tidak menjelaskan secara gamblang apakah kesiapan nya tersebut sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah. Baginya nomor 1 atau 2 memiliki peran yang sama.

"Tidak harus memikirkan nomor 1 atau 2, yang penting kita tau tujuan dan tugas kita seperti apa. Membangun daerah itu harus bersama sama, nomor satu menjalankan tugas kepala daerah nya dan nomor 2 mendukung dengan tetap berdiskusi bersama, memberikan masukan masukan. Tentunya jika Seiya sekata, tujuan kita untuk daerah ini akan tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Ia menjelaskan jika PAN Rohil menjadi partai pertama yang ia datangi. Tidak menutup kemungkinan, silaturahmi yang sama akan ia lakukan dalam waktu dekat.

"Ini partai pertama yang didatangi. Nanti kita juga silaturahmi ke partai lain. Karena tujuan kita sama sama membangun Rohil. Itu semua elemen, termasuk media, LSM , pengurus partai politik karena mereka yang bakalan menentu kan nanti warna Rokan Hilir kedepannya seperti apa. Saya harap dan berdoa yang  terbaik saja. Bagiamana kedepannya nanti, kita liat saja," tutupnya.

Kemunculan Suratmin di pusaran pilkada Rohil 2024 tentunya membuat dinamika baru dan patut diperhitungkan. Meskipun tidak lahir di Rokan Hilir, namun atau 3 anak ini sudah  lama menjadi warga Rokan Hilir dan  berkecimpung serta mengabdikan dirinya sejak tahun 2006 lalu sebagai dokter umum di RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi hingga saat ini masih bertugas ditempat yang sama sebagai dokter spesialis anak.

Sosok Suratmin cukup akrab dengan  masyarakat Rokan Hilir. Terutama melalui beberapa kegiatan sosial yang pernah dia lakukan. Ditambah melalui Rumah Sakit Cahaya Ujung Tanjung miliknya, berbagai program bantuan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu sering dilaksanakan. Seperti operasi bibir sumbing dan lainnya.

Sepak terjangnya di bidang kesehatan dan beberapa organisasi, membuatnya banyak dikenal kalangan. Bahkan posisinya pun cukup bergengsi, diantaranya ketua IDI cabang Rokan Hilir 2 periode, dokter spesialis anak RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi, ketua PD Alwasliyah Rokan Hilir, Ketua ICMI Rohil, ketua ikatan alumni fakultas kedokteran universitas Sumatera Utara cabang Riau dan masih banyak lagi. 


Loading...
BERITA LAINNYA