LSI : Jokowi Dan Hatta Tertinggi Survey Capres 2014

Ahad, 03 November 2013 - 08:53:29 wib | Dibaca: 2078 kali 

[caption id="attachment_5718" align="alignleft" width="300"]Jokowi - Hatta Rajasa. Siap Caleg Presiden 2014 Jokowi - Hatta Rajasa. Siap Calon Presiden 2014[/caption]

gagasanriau.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia menganalisa munculnya poros tengah di antara persaingan partai-partai besar. Setidaknya ada 5 partai yang diindikasi merajai poros tengah.

"Survei Oktober 2013, tiket capres dan cawapres ada di Golkar dan PDIP dengan elektabilitas 20,4 % dan 18,7%. Sisa satu tiket kemungkinan akan diperebutkan partai papan tengah yaitu Demokrat, Gerindra, PAN, Hanura dan Nasdem," kata peneliti Ardian Sopa dalam jumpa pers di kantor LSI, Jakarta, Minggu (3/11).

Dari partai poros tengah tersebut, LSI kemudian menguji kombinasi capres dari tokoh nasionalis dengan tokoh dari partai Islam. Sebab kombinasi tokoh nasionalis dan tokoh Islam ini sesuai dengan spektrum ideologi poros tengah. Selain itu pamor tokoh nasionalis lebih besar dibandingkan tokoh nasional.

"Kalau tokoh nasionalis yang akan dipilih Jokowi paling tinggi dari daftar nama di luar Megawati dan Aburizal Bakrie sebesar 38,3% dan Hatta Rajasa paling kuat jadi cawapres dari tokoh Islam, Hatta 31,3%. Prediksi poros tengah skenario pertama Jokowi dan Hatta tetapi elektabilitas pasangan ini belum disurvei," terangnya lagi.

Sedangkan Prabowo dan Wiranto sebagai tokoh nasionalis poros tengah berada di urutan dua dan tiga dengan hasil survei masing-masing sebesar 11,1% dan 10,0%. Kemudian untuk kandidat cawapres kedua dan ketiga dari tokoh Islam dipegang Yusril Ihza Mahendra dan Muhaimin Iskandar sebesar 15,2% dan 11,8%.

Survei LSI didasarkan dari hasil wawancara 1.200 responden dengan metode sampling multistage random dan margin error sebesar plus minus 2,9%.

Merdeka


Loading...
BERITA LAINNYA