Hukum

Speedboat Berpenumpang 71 Orang Tujuan Inhil-Tanjung Pinang Terbalik

Speedboat Evelyn Calisca 1 dengan kondisi tertelungkup di perairan Sungai Tawar Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Kamis 17/4/2023).

GAGASANRIAU.COM, KATEMAN - Speedboat tambang Evelyn Calisca 1 alami kecelakaan laut di perairan Sungai Tawar Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Peristiwa insiden laka laut tersebut pada Kamis 27 April 2023, sekira pukul 13.00 WIB siang. Speedboat berpenumpang 71 orang tersebut tertelungkup diduga terlanggar tunggul nipah.

Kronologi laka laut itu bermula speedboat yang dikemudikan oleh Saran (42) berangkat dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan dengan penumpang sekitar 61 orang termasuk anak-anak.

"Sekitar pukul 10.10 Wib, speedboat dinahkodai Saran dan 5 ABK dengan tujuan Tanjung Pinang dan akan singgah di Sungai Guntung untuk mengambil penumpang," kata Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK melalui Kasi Humas AKP Liber Nainggolan.

Selanjutnya sekitar pukul 12.30 Wib speedboat bersandar di Pelabuhan Syahbandar HK Sungai Guntung Kecamatan Kateman untuk mengambil penumpang dengan tujuan Tanjung Pinang.

Sekitar pukul 13.00 speedboat bertolak kembali menuju Tanjung Pinang dengan muatan penumpang sekitar 71 orang dan pada saat itu cuaca di laut cukup baik.

"Setelah speedboat berjalan kurang lebih 15 menit di perairan Sungai Tawar, speedboat menghantam tunggul nipah yang hanyut di perairan sehingga mengakibatkan kapal tidak terkendali dan akhirnya terbalik," terangnya.

Menurut penuturan para korban selamat, kejadian kecelakaan laut diduga akibat kelebihan kapasitas muatan dan faktor alam sehingga mengakibatkan kapal tidak stabil dan tidak dapat dikendalikan yang mengakibatkan kapal terbalik.

Berikut data sementara para korban yang selamat dan korban yang meninggal:
Korban Selamat: 23 orang
1. Sri Marliyah (P) 
2. Desri Juanda (L) 
3. Zaiyin Malik (L) Anak
4. Zaid Umar Aldri (L) Anak
5. Zinedin Khalef Aldri (L) Anak
6. Nia Sari (P) 
7. Andi Right Azmi (L) 
8. Suci Estetika Sari (P) 
9. Sahran (Nahkoda Kapal) (L)
10. Bambang Permadi (KKM) (L)
11. Cecep (ABK) (L)
12. Agus (ABK) (L)
13. Herman (ABK) (L)
14. Acok (ABK) (L)
15. Roni (L)
16. A. Rifai (L)
17. Rahayu Ningtias (P)
18. Ertika Ayu Dewi (P)
19. Khairulsah (L)
20. Saprudin (L)
21. Ika (P)
22. Nopelia (P)
23. Dika (L)

Korban Meninggal Dunia: 5 orang
1. Anak Belum Teridentifikasi (P) (MD) 
2. Anak Belum Teridentifikasi (P) (MD) 
3. Laki-Laki Belum Teridentifikasi (MD)
4. Anak Belum Teridentifikasi (P) (MD)
5. Perempuan Belum Teridentifikasi (P) (MD)

Korban belum ditemukan: 4 orang
1. Desi Priyanti (P)
2. Karmel Zalma Alaya
3. Kezia Rasya
4. Khalifa Rezekta

Sampai saat ini tim Basarnas Inhil masih berjibaku melakukan penyisiran disekitar TKP mencari korban tenggelam yang hanyut.

Mendapatkan kabar duka tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan memberikan instruksi secara langsung kepada dinas instansi terkait untuk semaksimal mungkin melakukan penanganan penyelamatan  penumpang yang menjadi korban laka laut.

"Kami berharap petugas melakukan penyelamatan secara maksimal terhadap para korban," kata Wardan.

Wardan menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah yang menimpa para penumpang SB Evelin Calisca 01 tujuan Tanjung Pinang. Ia berharap korban tenggelam cepat ditemukan.

"Semoga Allah SWT memberikan ketabahan dan kekuatan kepada seluruh keluarga korban dan orang yang terkasih," ungkapnya.

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar