Daerah

Empat Hektare Perkebunan Sawit Rohil Terbakar

Petugas berjibaku padamkan kebakaran di lahan perkebunan sawit di Rohil

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kombes Pol Nandang Mumin Wijaya membenarkan ada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau.

Kawasan yang terbakar berupa tanaman sawit dan rumput bekas semprotan milik masyarakat. Dan kondisi tanah berupa lahan gambut.

"Luas lahan yang terbakar sekitar 4 hektar " ungkap Kombes Pol Nandang kepada bukamata.co, Jumat, 26, Mei, 2023 di Pekanbaru.

Menurut Kombes Pol Nandang, jarak tempuh dari Polsek Panipahan ke lokasi kebakaran 20 KM dengan jarak tempuh sekitar satu jam. Dan sekitar  8 jam dari Polres Rohil itu pun kata dia harus menggunakan kapal.

"Sebanyak 37 personil gabungan terdiri dari personil Polsek Panipahan, TNI  4 orang, Kepenghuluan 6 orang dan masyarakat 15 orang dikerahkan untuk memadamkan api karhutla " ungkap Kombes Pol Nandang.

Sementara personil yang disiapkan dari Polres Rohil diperkirakan sampai sore hari ini dan besok langsung bergabung memadamkan api.

Titik api kata Kombes Pol Nandang, sudah tidak ada hanya meninggalkan asap, namun apabila ada angin tidak menutup kemungkinan hidup kembali.

Diterangkan Nandang, lokasi Karhutla dikelilingi oleh lahan masyarakat yang sudah di tanam sawit.

Dan sampai saat ini kata Nandang lagi, masyarakat masih berjaga di sekitar lokasi lahan untuk mencegah penyebaran api.

"Untuk kegiatan pemadaman masyarakat yang punya lahan di sekitar titik api masih berjaga dan memadamkannya " tukas Nandang.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar