Daerah

45 Personil Satgas BPBD Padamkan Api di Tiga Lokasi

Keterangan foto: Tim Satgas BPBD Rohil saat melakukan pemadaman dan pendinginan dilokasi lahan gambut yang terbakar, Kamis (25/7)

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Rokan Hilir sebagai wilayah yang banyak terpantau titik api. Bahkan satu helikopter dari BNPB melalui BPBD Riau sudah melakukan water booming dilokasi yang sulit disentuh.

Tak tinggal diam,  hampir sepekan tim satgas BPBD Rokan Hilir beserta tim gabungan berusaha semaksimal mungkin melakukan pemadaman. Meskipun lokasi yang sulit di jangkau, cuaca panas disertai angin kencang, tak menyurutkan semangat berbagai upaya terus dilakukan.

Kepala Pelaksana BPBD Rohil Hari Darma Putra melalui sekretaris BPBD Rohil Edo Rendra SKM menyebutkan tiga regu diturunkan di tiga lokasi, Kamis (25/7),

"Hari ini tim sebanyak 45 personil satgas BPBD Rohil di tugaskan pada tiga lokasi. 20 personil di Sungai Sialang, 20 personil di Parit Sicin dan 15 orang di Rantau Bais," katanya.

"Tidak hanya tim satgas, namun juga tim gabungan Polri TNI, pihak desa dan perusahaan terus melakukan upaya pemadaman. Di rantau Bais, sungai Sialang  dan parit sicin labuhan tangga," ungkapnya.

Ia mengatakan, dari tim satgas yang dilapangan diketahui jumlah lahan yang terbakar di sungai Sialang lebih kurang 7 hektare, di parit sicin labuhan tangga 2 hektare dan di Rantau Bais luas kebakaran hutan dan lahan kurang lebih 8 hektare.

"Untuk itu ditiga lokasi ini lebih kurang 45 personil kita turunkan. Dan semua tim bekerja sama dengan semua pihak yang juga turun. Penyebab masih belum bisa dipastikan, dan masih diselidiki oleh pihak terkait," ungkapnya

Ia mengatakan, kendala yang dihadapi saat melakukan upaya pemadaman salah satunya  tidak turunnya hujan serta kedalaman gambut yang menyebabkan api  terbakar diatas dan dibawah.

"Dan dibeberapa titik kebakaran tidak memiliki sumber air yg cukup, bahkan ada pula yg tidak memiliki sumber air sama sekali. Sehingga hal ini menjadi kendala yang cukup signifikan dihadapi oleh tim dilapangan,"

"Satgas BPBD Rokan Hilir sampai saat ini masih berupaya sekuat tenaga tanpa lelah, untuk memadamkan Karhutla , agar terciptanya kembali lahan hutan tanpa kebakaran dan udara yang bersih bebas asap," terangnya.

Sampai saat ini, aktivitas masyarakat masih berjalan normal dikarenakan lokasi kebakaran lumayan jauh dari pemukiman warga.

Ia menyebutkan sebelum melakukan pemadaman kami melaksanakan apel gabungan di kantor penghulu kepenghuluan sungai sialang dipimipin langsung oleh camat Batu Hampar.

Juga dihadiri oleh kapolsek Batu Hampar, penghulu sungai sialang, BPBD rohil, perwakilan dari puskesmas batu hampar, Rt/Rw setempat, MPA dan perwakilan dari damkar PT Sindora. 
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar