Galeri Foto

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 95 , H Zukri Harap Pemuda Pelalawan Proaktif Dalam Pembangunan

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Bupati Pelalawan H. Zukri bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 yang dilaksanakan di halaman kantor bupati Pelalawan, Sabtu (28/10/2023). Pada tahun ini, Peringatan Sumpah pemuda mengusung tema “Bangkitkan semangat Patriotisme Pemuda Majukan Indonesia.

”Dalam amanatnya Bupati Pelalawan, H. Zukri menyampaikan dalam momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober 2023. Mengingatkan Pemuda, bahwa bangsa Indonesia dibangun dengan semangat gotong-royong dan semangat patriotisme.

Sekaligus menyatukan visi kebangsaan tahun 1928 menjadi komitmen kebangsaan bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Peringatan sumpah pemuda yang ke-95 tahun ini dengan mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia". Maknanya membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. Bupati Pelalawan menambahkan pemerintah Indonesia telah memberikan partisipasi luas kepada pemuda pemudi untuk bersama-sama mewujudkan harapan bangsa Indonesia.

Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif. Bahwa pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat dalam pembangunan nasional.

Indonesia pada saat ini sedang proses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, narkoba, pengangguran, pornografi, hoax, ujaran kebencian, serta permasalahan bangsa lainnya.

Namun itu  bukanlah alasan untuk pemuda pemudi Indonesia berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil, makmur.

"Jangan kita jadikan itu sebagai alasan untuk meningkatkan semangat patriotisme memajukan Indonesia menuju Indonesia Maju," tegas Bupati.

Selanjutnya Bupati menegaskan di tengah lajunya perkembangan teknologi terkiniterkini dan arus informasi yang semakin cepat menjadi kesenjangan Terhadap penguasaan teknologi antar generasi.

"Demikian juga dengan tatanan sosial, kultural, bahkan bisnis yang di kontestasi. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini sudah kewalahan. Tentu penguasaan kemajuan teknologi oleh pemuda pemudi ini harus menjadi hal yang diseriusi," ujar Bupati.

Zukri berharap  setiap pemuda pemudi perlu punya visi misi yang strategis untuk 30 tahun mendatang. Strategi itu adalah dengan semangat patriotisme gotong royong, tolong menolong antar lintas generasi.

Maka pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 ini harus di canangkan kebulatan tekad di semua stakeholder yang ada.

"Marilah kita jadikan momentum ini untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," harap Bupati.

Masih menurut suami dari Sella pItaloka ini, generasi muda harus mengikuti pemuda terdahulu bahwa harus semangat serta bersama dalam membangun Negara Republik Indonesia dengan tema "BERSAMA MAJUKAN INDONESIA".

"Jadi sesuai tema Hari Sumpah Pemuda yaitu Bersama Majukan Indonesia ialah kita harus mengimplementasikan ke kehidupan kita, bahwa dengan bersama kita bisa memajukan Republik Indonesia yang Kita Cinta ini," ucap Bupati H. Zukri SE,

Sambung Bupati H. Zukri SE, menjelaskan bagaimana cara kita memajukan negeri ialah dengan Gotong royong bersama membantu masyarakat yang membutuhkan serta membantu program Pemerintah mensejahterakan masyarakat.

"Cara dan metode yang harus kita gunakan dalam Bersama Majukan Indonesia tadi ialah bagaimana kita gotong royong membantu sesama yang membutuhkan, mensukseskan program pemerintah mensejahterakan masyarakat," tegas mantan wakil Ketua DPRD Provinsi Riau ini.

Diakhir sambutan, Bupati H. Zukri SE juga berpesan kepada seluruh masyarakat dan seluruh elemen pemuda yang hadir agar menjauhkan diri dari bahaya Narkoba supaya generasi muda bisa berprestasi kedepannya. "Jauhilah diri dari yang namanya hal Negatif, agar tercipta generasi penerus bangsa yang berprestasi," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan, Dodi Asma Saputra S.STP M.Si mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan sesuai Instruksi Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang di sesuaikan dengan perintah Bupati Pelalawan.

"Jadi sesuai dengan instruksi pusat dan Bupati Pelalawan bahwa kegiatan ini wajib dilaksanakan dengan peserta seluruh Organisasi Pemuda," kata Kadis biasa disapa Dodi ini.

Untuk diketahui, Hari Sumpah Pemuda merupakan hari nasional penting di Indonesia yang diperingati setiap tahun sejak era Orde Lama. Hari nasional ini dicetuskan pada 1959 sebagai pengingat momen lahirnya ikrar Sumpah Pemuda di Kongres Pemuda 2 pada 28 Oktober 1928.

Ikrar Sumpah Pemuda itu digagas dan dibacakan pertama kali oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam berbagai organisasi pemuda kedaerahan. Meskipun berasal dari latar belakang, suku, dan agama berbeda, para pemuda punya cita-cita yang sama, yaitu kemerdekaan Indonesia.

Mereka sepakat bahwa persatuan adalah kunci untuk melawan penjajahan dan mencapai kemerdekaan. Oleh karena itu, di Kongres Pemuda II para pemuda berkomitmen untuk bersatu dengan mengucap sebuah sumpah bernama Sumpah Pemuda.

Alasan inilah yang membuat Hari Sumpah Pemuda dimaknai sebagai tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan. Peristiwa sejarah ini mengajarkan bangsa Indonesia pentinnya menjaga nilai-nilai persatuan dan cinta tanah air.

Saat Ini Perbedaan Kongres Pemuda 1 dan 2 dalam Sejarah Sumpah Pemuda Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tema peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 adalah "Bersama Majukan Indonesia."

Menurut Dito tema ini diangkat agar peringatan Sumpah Pemuda tahun ini dapat diisi dengan berbagai program yang berorientasi dengan masa depan.

"Sekarang saatnya kita berjuang dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk generasi mendatang, generasi masa depan. Berangkat dari semangat tersebut," katanya. Sementara itu, berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 dari Kemenpora, setidaknya ada tiga makna yang terkandung dalam tema peringatan tahun ini.

Tiga makna tema peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 itu, antara lain: Membangun semangat kolaborasi dari semua elemen bangsa dalam memajukan Indonesia. Memantapkan kerja sama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 sehingga tercipta pemuda maju. Tema Hari Sumpah Pemuda 2023 ini tak hanya digunakan untuk menggelar acara peringatan di lingkungan pemerintah saja. Masyarakat secara luas juga dapat menggunakan tema ini untuk menjalankan agenda peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Logo Hari Sumpah Pemuda tahun ini membentuk stilasi manusia-manusia yang tampil dalam berbagai warna. Di bawah logo, terdapat tulisan "95 Tahun Sumpah Pemuda" diikuti dengan kalimat tema "Bersama Majukan Indonesia." Logo ini tentu punya makna terkait peringatan Sumpah Pemuda tahun ini.

Berdasarkan pedoman yang dirilis oleh Kemenpora, makna logo yang terdiri dari stilasi 4 manusia menggambarkan sebuah kolaborasi. Ini sesuai dengan fokus peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diusung pemerintah tahun ini untuk bekerja sama membuat kegiatan dan gerakan secara partisipatif, inklusif, dan kolaboratif.

Kemudian, logo Hari Sumpah Pemuda juga memuat warna yang beragam, yaitu merah, biru, kuning dan hijau. Ragam warna ini melambangkan heterogenitas di Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan budaya sebagai dasar kekuatan.

Meskipun memiliki warna yang berbeda, setiap komponen yang tergabung dalam logo dapat bersinergi dengan baik dan memunculkan sebuah tampilan meriah. Lalu, simbol orang-orang yang membentuk lingkaran menunjukkan semangat kolaboratif dalam orkestrasi tema tahun ini, yaitu "Bersama Majukan Indonesia."(Adv)