Ayo Menanam, BPDAS Indragiri Rokan Pekanbaru Bagikan Bibit Pohon Gratis Untuk Umum


Dibaca: 815 kali 
Sabtu,18 Maret 2017 - 13:56:15 WIB
Ayo Menanam, BPDAS Indragiri Rokan Pekanbaru Bagikan Bibit Pohon Gratis Untuk Umum

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan Pekanbaru menyediakan 2 juta bibit pohon tanaman dan buah unggul kepada masyarakat secara cuma-cuma.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau, DR. Ir. Mahfudz, MP Koordinator UPT Kementerian LHK Provinsi Riau seusai upacara peringatan Hari Bhakti Rimbawan di halaman kantor Balai Diklat LHK Pekanbaru, Jum'at tanggal 17 Maret 2017.

"Bibit dapat diminta masyarakat dengan hanya mengajukan surat permintaan bibit yang akan ditanam disertai surat rekomendasi dari Kelurahan atau pihak Desa dengan keterangan lokasi penanaman, luas areal yang akan ditanam serta peruntukannya katanya.

Dijelaskan Mahfudz, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan bantuan bibit unggul tersebut disamping sebagai pengawasan. "Karena bibit yang diminta dilarang untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan demi keuntungan seseorang/ peminta bibit" jelasnya.

Diuraikan lagi oleh Mahfudz, jenis bibit yang disediakan antara lain bibit pohon mahoni, sirsak, durian, kayu putih, jelutung, trembesi dan matoa.

Mahfudz menambahkan bahwa tujuan pemberian bibit unggul tersebut adalah masyarakat mampu mengolah lahan perkebunan tanpa merusak ekosistem yang ada, karena varietas sawit yang monokultur membuat ekosistem menjadi rusak.

"Yang akan kita bangun adalah masyarakat yang memiliki paradigma perkebunan non sawit. "Kita ingin mengubah paradigma masyarakat yang ada dengan memberikan solusinya. Lingkungan terjaga, masyarakat sejahtera" tambahnya.

Upacara dihadiri oleh seluruh UPT Kementerian LHK Prov. Riau dan lingkup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. Riau setelah sehari sebelumnya dilakukan berbagai perlombaan.

Pada hari yang sama dilakukan pula penanaman pohon, peninjauan bibit, pembinaan pegawai dan penyerahan santunan sosial berupa sembako, pakaian pantas pakai dan sumbangan uang sukarela dari para pegawai kepada 2 (dua) panti asuhan.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,06 Februari 2018 - 16:06:49 WIB

    Sebanyak 9 Kecamatan di Kota Pekanbaru Terjadi Kasus Demam Berdarah

    Sebanyak 9 Kecamatan di Kota Pekanbaru Terjadi Kasus Demam Berdarah GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di 9 Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Diungkapkan pihak Dinas Kesehatan Pekanbaru pihaknya mencatat Kecamatan Payung Sekaki, Tampan,
  • Sabtu,03 Februari 2018 - 23:29:04 WIB

    Dua Hektar Lahan PT RAPP Terbakar, Seorang Warga Diamankan Polisi

    Dua Hektar Lahan PT RAPP Terbakar, Seorang Warga Diamankan Polisi GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Muhammad Sawiruddin alias Udin seorang petani warga Sungai Sangar Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan diamankan polisi. Ia diduga melakukan pembakaran lahan untuk bertani c
  • Selasa,16 Januari 2018 - 16:08:15 WIB

    Antisipasi Kejahatan, Polsek Bukit Raya Patroli Malam Hari

    Antisipasi Kejahatan, Polsek Bukit Raya Patroli Malam Hari GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -  Kepolisian Sektor (Polsek) Bukit Raya menyatakan bahwa pihaknya rutin setiap malam melakuka patroli di Wilayah Hukum (Wilum) setempat. Patroli ini dilakukan untuk menciptakan keamanan lingku
  • Jumat,05 Januari 2018 - 17:35:39 WIB

    Benarkah Harimau Ini, Yang Menerkam Karyawan PT THIP di Kabupaten Inhil

    Benarkah Harimau Ini, Yang Menerkam Karyawan PT THIP di Kabupaten Inhil GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Nasib naas yang menimpa Jumiati 33 tahun, ia diterkam harimau sumatera hingga tewas. Jumiati adalah karyawan PT. THIP. Kejadiannya d areal Afdeling IV Eboni State Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pe
  • Senin,01 Januari 2018 - 22:43:41 WIB

    Komitmen Perangi Narkoba, Granat Inhil Layak Diacungi Jempol

    Komitmen Perangi Narkoba, Granat Inhil Layak Diacungi Jempol GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Meski angka penyalahgunaan Narkoba masih terbilang tinggi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), namun Komitmen Ormas DPC Granat Inhil dalam upaya membangun masa depan
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]u.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker