Ayo Menanam, BPDAS Indragiri Rokan Pekanbaru Bagikan Bibit Pohon Gratis Untuk Umum


Dibaca: 1561 kali 
Sabtu,18 Maret 2017 - 13:56:15 WIB
Ayo Menanam, BPDAS Indragiri Rokan Pekanbaru Bagikan Bibit Pohon Gratis Untuk Umum

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan Pekanbaru menyediakan 2 juta bibit pohon tanaman dan buah unggul kepada masyarakat secara cuma-cuma.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau, DR. Ir. Mahfudz, MP Koordinator UPT Kementerian LHK Provinsi Riau seusai upacara peringatan Hari Bhakti Rimbawan di halaman kantor Balai Diklat LHK Pekanbaru, Jum'at tanggal 17 Maret 2017.

"Bibit dapat diminta masyarakat dengan hanya mengajukan surat permintaan bibit yang akan ditanam disertai surat rekomendasi dari Kelurahan atau pihak Desa dengan keterangan lokasi penanaman, luas areal yang akan ditanam serta peruntukannya katanya.

Dijelaskan Mahfudz, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan bantuan bibit unggul tersebut disamping sebagai pengawasan. "Karena bibit yang diminta dilarang untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan demi keuntungan seseorang/ peminta bibit" jelasnya.

Diuraikan lagi oleh Mahfudz, jenis bibit yang disediakan antara lain bibit pohon mahoni, sirsak, durian, kayu putih, jelutung, trembesi dan matoa.

Mahfudz menambahkan bahwa tujuan pemberian bibit unggul tersebut adalah masyarakat mampu mengolah lahan perkebunan tanpa merusak ekosistem yang ada, karena varietas sawit yang monokultur membuat ekosistem menjadi rusak.

"Yang akan kita bangun adalah masyarakat yang memiliki paradigma perkebunan non sawit. "Kita ingin mengubah paradigma masyarakat yang ada dengan memberikan solusinya. Lingkungan terjaga, masyarakat sejahtera" tambahnya.

Upacara dihadiri oleh seluruh UPT Kementerian LHK Prov. Riau dan lingkup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. Riau setelah sehari sebelumnya dilakukan berbagai perlombaan.

Pada hari yang sama dilakukan pula penanaman pohon, peninjauan bibit, pembinaan pegawai dan penyerahan santunan sosial berupa sembako, pakaian pantas pakai dan sumbangan uang sukarela dari para pegawai kepada 2 (dua) panti asuhan.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 November 2018 - 18:16:34 WIB
    Gerakan Sekolah Angkasa Cinta Lingkungan di Lanud Rsn

    Yasarini Lanud Rsn Ajak Siswa TK Bersih Lingkungan

    Yasarini Lanud Rsn Ajak Siswa TK Bersih Lingkungan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka mendukung gerakan Sekolah Angkasa cinta lingkungan, Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Lanud Roesmin Nurjadin bersama seluruh siswa melaksanakan bersih-bersih di lingkungan
  • Kamis,08 November 2018 - 15:34:56 WIB

    Plank Rambu Peringatan Daerah Rawan Buaya

    Plank Rambu Peringatan Daerah Rawan Buaya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 6 personil turun, dipimpin langsung oleh Kepala Resort Pekanbaru, Jaya Sitorus melakukan pemasangan plank peringatan Daerah Rawan Buaya.   D
  • Rabu,07 November 2018 - 16:11:57 WIB
    Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasiona

    Balai Besar KSDA Riau Lepas Satwa Liar ke Alam Bebas

    Balai Besar KSDA Riau Lepas Satwa Liar ke Alam Bebas GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - 5 Nobember 2018 bertepatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Balai Besar KSDA Riau gelar pelepasliaran satwa dilindungi di kawasan konservasi dalam pengelolaan Balai Besar KSDA Riau
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 17:36:15 WIB

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) sebut PT Asia Pacifik Rayon (APR) pabrik pengolahan Viscose Staple Fiber (VSF) memproduksi serat rayon di Kerinci Kabupaten Pelalawan
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 10:28:35 WIB

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sekretaris Jenderal Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) Isnadi Esman menyatakan bahwa ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning akan semakin mengerikan dari sebelumnya
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker