Wardan: Home Industry, Solusi Hilir Sektor Perkebunan Kelapa


Dibaca: 1357 kali 
Rabu,04 Juli 2018 - 23:56:40 WIB
Wardan: Home Industry, Solusi Hilir Sektor Perkebunan Kelapa HM Wardan Bupati Indragiri Hilir

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Mengerucut pada persoalan minimnya diversifikasi produk turunan kelapa, dalam forum pertemuan, Pemerintah Kabupaten Inhil kembali menyampaikan, solusi konkret dari persoalan tersebut, ialah pengembangan industri skala rumah tangga atau home industry.

 

Terkait rencana kebijakan pengembangan industri skala rumah tangga ini, Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Inhil akan menambah anggaran untuk mengadakan pelatihan terhadap masyarakat petani.

 

"Untuk pelatihan ini, kami sudah melakukan komunikasi dengan Profesor Wisnu Gardjito, ahli kelapa dunia asal Depok. Beliau sepakat untuk menggelar pelatihan bulan depan," ungkap Bupati saat pertemuan dengan perusahaan dan pengepul kelapa untuk membahas dan mencari solusi ihwal harga kelapa dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir sempat menyentuh titik terendah, Rabu (4/8/2018)

 

Setelah pelatihan dilaksanakan, Bupati mengungkapkan, langkah selanjutnya yang akan ditempuh adalah pembentukan kelompok - kelompok home industry yang mencakup daerah - daerah sentra produksi kelapa di Kabupaten Inhil serta pengadaan peralatan mesin pengolah kelapa untuk pemanfaatan hasil lain dari kelapa, seperti air kelapa, sabut dan tempurung yang belum optimal.

 

"Nah, saat semua langkah ini direalisasikan, kita berharap kelompok - kelompok home industry ini dapat memproduksi sendiri barang jadi berbahan baku kelapa yang memberikan nilai tambah bagi komoditas kelapa kita dan meningkatkan pendapatan masyarakat petani," papar Bupati.(ADV)


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,24 April 2019 - 19:33:59 WIB

    Zulaikha Wardan: Melalui Organisasi Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

    Zulaikha Wardan: Melalui Organisasi Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ketua Dewan Penasehat Organisasi Wanita Indragiri Hilir (Inhil) Hj Zulaikha Wardan, mengatakan bahwa keberadaan organisasi dapat dijadikan sarana meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga.  
  • Rabu,24 April 2019 - 09:22:56 WIB

    Pemkab Siak Berikan Beasiswa untuk Siswa Berprestasi dan HAfiz Quran

    Pemkab Siak Berikan Beasiswa untuk Siswa Berprestasi dan HAfiz Quran GAGASANRIAU.COM, SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak akan memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi serta penghafal (Hafiz) Quran hingga ke jenjang pendidikan tinggi.   Hal itu 
  • Selasa,23 April 2019 - 07:45:14 WIB

    Bupati Siak Lantik 36 Pengurus Bapekam

    Bupati Siak Lantik 36 Pengurus Bapekam GAGASANRIAU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri melantik 36 orang pengurus Badan Permusyaratan Kampung (Bapekam) se Kecamatan Mempura, periode 2019-2025, Selasa (23/4/2019). Pengurus yang dilantik dan diam
  • Selasa,23 April 2019 - 16:43:31 WIB

    Said Syarifuddin Kukuhkan IPMI Ponorogo

    Said Syarifuddin Kukuhkan IPMI Ponorogo GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hilir (Inhil) H Said Syarifuddin, mengukuhkan kepengurusan Ikatan Pelajar Mahasiswa Indragiri Hilir (IPMI) Ponorogo, Ahad (21/4).   Acara yan
  • Senin,22 April 2019 - 19:10:28 WIB

    Bupati Wardan Pantau Pelaksanaan UNBK Jenjang SMP

    Bupati Wardan Pantau Pelaksanaan UNBK Jenjang SMP GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Senin (22/4).   Sejumlah sek
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker