Bekraf Fasilitasi Pelaku Seni Pertunjukan Lokal di Festival Seni Terkemuka Australia


Dibaca: 179 kali 
Rabu,31 Oktober 2018 - 16:11:29 WIB
Bekraf Fasilitasi Pelaku Seni Pertunjukan Lokal di Festival Seni Terkemuka Australia
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Di penghujung tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan kembali memfasilitasi sejumlah pelaku kreatif subsektor Seni Pertunjukan di festival seni OzAsia Festival 2018 yang berlangsung pada tanggal 25 Oktober hingga 11 November 2018. 
 
Festival seni yang telah tersohor di seluruh Asia ini akan kembali diselenggarakan di Adelaide Festival Centre, South Australia, Australia. Tahun ini adalah partisipasi ketiga bagi Bekraf sejak tahun 2016 lalu.
 
“Kami berharap agar pada partisipasinya tahun ini, seni pertunjukan Indonesia semakin dikenal dan diakui eksistensinya di lingkup Asia secara khusus dan global secara umum,” ucap Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simandjuntak.
 
OzAsia Festival adalah sebuah festival seni yang berfokus kepada seni pertunjukan kontemporer, seperti tari, teater, musik, seni visual serta film. Dengan ruang lingkup yang terfokus, namun tidak terbatas pada regional Asia-Pasifik, OzAsia Festival tahun ini akan dimeriahkan oleh sekitar 817 artis dari 19 negara, yang akan tampil dalam 251 jadwal pertunjukan dalam rentang waktu 2 minggu.
 
Tidak hanya itu, pada perhelatannya tahun ini, OzAsia Festival juga memasukkan sebuah program konferensi serta pasar seni pertunjukan yang telah terkenal di seluruh Asia, Borak Arts Series, sebagai salah satu bagian acara. Pada gelarannya tahun ini, Borak Arts Series akan menghadirkan sesi Pitchpad yang memberikan kesempatan bagi para seniman terpilih untuk bisa melakukan presentasi di depan para pelaku industri seni pertunjukan, seperti seniman, direktur pertunjukan, direktur festival serta investor lainnya.
 
“Selain itu, penyelenggaraan Borak Arts Series di OzAsia Festival tahun ini juga diharapkan dapat menjadi platform bagi para pelaku kreatif seni pertunjukan lokal untuk memaksimalkan keberadaan karya mereka dari sisi bisnis,” kata Joshua. 
 
Menurut data statistik ekonomi kreatif (ekraf) Indonesia yang dirilis oleh Bekraf dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2016 silam, subsektor Seni Pertunjukan menyumbangkan sekitar 0,27% dari keseluruhan PDB ekraf Indonesia pada tahun 2016, peringkat 11 dari 16 subsektor ekraf nasional. Angka ini memang masih terbilang minim dibanding dengan subsektor ekraf lainnya. Namun, Seni Pertunjukan juga menunjukkan tren yang menggembirakan dengan mencatat angka 9,54% sebagai subsektor ekraf dengan pertumbuhan tertinggi ketiga sepanjang tahun 2016.
 
Pada partisipasinya di tahun ini, Bekraf sendiri akan membawa 5 pelaku kreatif subsektor Seni Pertunjukan, dengan rincian 2 pelaku akan tampil di dalam OzAsia Festival serta 3 pelaku akan mempresentasikan karyanya di sesi Pitchpad Borak Arts Series. 2 pelaku kreatif yang akan naik pentas pada OzAsia Festival tahun ini adalah seniman tari kondang Eko Supriyanto yang akan membawakan karya terbarunya yang bertajuk SALT pada tanggal 30 – 31 Oktober 2018, serta kolektif pertunjukan boneka dan seni visual, Papermoon Puppet Theatre, yang akan berkolaborasi dengan Polyglot Theatre asal Australia untuk menampilkan pertunjukan Cerita Anak (Child’s Story), sebuah penampilan yang menceritakan petualangan membelah lautan dengan mengkombinasikan seni wayang boneka, musik serta teater. Pertunjukan ini sendiri direncanakan untuk pentas di tanggal 2 – 4 November 2018.
 
Selain itu, 3 pelaku kreatif seni pertunjukan asal Indonesia juga direncanakan untuk unjuk gigi dalam sesi presentasi Pitchpad Borak Arts Series yang akan dilangsungkan pada tanggal 1 – 3 November 2018. Ketiganya antara lain adalah Drupadi ID yang akan mempresentasikan karyanya yang berjudul Sounds of Three Lake, Dwi Maharani Pane dengan karya Vertical Limit, serta Otniel Tasman dengan karyanya yang bertajuk NOSHEHEORIT.
 
Selain menghadirkan penampilan seni serta presentasi karya, beberapa perwakilan delegasi Indonesia juga direncanakan untuk menghadiri acara Roundtable Session sebagai bagian dari rangkaian event Borak Arts Series. Diantaranya adalah Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simandjuntak yang dijadwalkan untuk menjadi host Roundtable Session serta Maria Tri Sulistyani, Direktur Artistik Papermoon  Puppet Theatre yang akan berbicara dalam diskusi Panel Borak Arts Series pada tanggal 3 November 2018 mendatang.
 
Tentang Bekraf Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf. Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.
 
Editor: Arif Wahyudi
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,14 November 2018 - 21:20:23 WIB

    LPDS Gelar Lokakarya dan UKW Perdana di Pekanbaru

    LPDS Gelar Lokakarya dan UKW Perdana di Pekanbaru GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Lembaga Pendidikan Prof. Dr. Sutomo (LPDS), gelar Lokakarya dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) perdana di Pekanbaru, Provinsi Riau. 
  • Selasa,13 November 2018 - 18:22:41 WIB

    Danlanud Rsn Hadiri Upacara Penutupan TMMD

    Danlanud Rsn Hadiri Upacara Penutupan TMMD GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka hadiri Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di wilayah kodim 0301/Pekanbaru T.A 2018 di Lapangan Kec
  • Selasa,13 November 2018 - 18:20:21 WIB

    Danlanud RSN Memberikan Apresiasi Peresmian Pengoperasian Perpanjangan Runway 2600 M

    Danlanud RSN Memberikan Apresiasi Peresmian Pengoperasian Perpanjangan Runway 2600 M GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras Angkasa Pura II dengan terlaksananya Peresmian Pengoperasian
  • Minggu,11 November 2018 - 18:19:47 WIB

    Kelistrikan Bengkalis Normal Kembali Lebih Cepat Dari Perkiraan

    Kelistrikan Bengkalis Normal Kembali Lebih Cepat Dari Perkiraan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pasca gangguan short circuit panel Kubikel yang mengakibatkan penyalaan bergilir beberapa hari yang lalu, tepat pada hari Sabtu 10 November 2018  pukul 18.00 wib
  • Sabtu,10 November 2018 - 21:06:57 WIB

    Tim Polisi Peduli Laksanakan Police Go To School

    Tim Polisi Peduli Laksanakan Police Go To School GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi. P, SIK bersama rombongan unit Lantas serta tim Polisi Peduli dan Berbagi Jum'at Barokah laksanakan kegiatan Police Go
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker