Daerah

Hentikan Kekerasan Terhadap Perempuan

gagasanriau.com - perkumpulan bunga bangsa yang beralamat di jalan selindit kecamatan sukajadi menggelar acara sosialisasi yang bertajuk peringatan 16 Hari Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan dengan mengambil judul "kekerasan seksual : kenali dan tangani"  minggu 25/11/12.

Acara yang di gelar di depan gedung darma wanita jalan diponegoro ini cukup mengundang perhatian para kaum hawa di hari bebas berkendara (car free day) untuk merapat dan mendengar penjelasan tentang kekerasan terhadap perempuan ini.

Uut dari AJI (aliansi jurnalis independen) turut menjadi pembicara dalam peringatan anti-kekerasan terhadap perempuan ini.

"sangat disayangkan ternyata masih ada diskriminasi terhadap kaum hawa termasuk korbannya adalah kalangan pers perempuan" katanya

Menurut survey demografi kesehatan indonesia 2002 menyatakan bahwa 1 dari 10 perempuan di Indonesia pernah mengalami fisik maupun seksual dari pasangannya.

Kekerasan dalam rumah tangga bukanlah aib yang harus disembunyikan. UU no 23/2004 menjelaskan bahwa kekerasan dalam rumah tangga adalah pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan terhadap martabat kemanusiaan serta bentuk diskriminasi.

Acara sosialisasi 16 hari anti-kekerasan terhadap perempuan yang diadakan oleh perkumpulan bunga bangsa ini bekerjasama dengan rumpun perempuan dan anak riau serta transparency international indonesia dengan di dukung oleh Sikari (Sindikat Kartunis Riau), Rumah Sakit Ibu & Anak Zainab, Pusdatin Puanri dan AJI (Aliansi Jurnalis Independen).

Ketua Perkumpulan Bunga Bangsa Riau Herlia Santi Menjelaskan bahwa acara sosialisasi 16 hari anti-kekerasan terhadap perempuan ini didasari karena perempuan adalah korban sehingga kekerasan seringkali digunakan oleh laki-laki untuk melakukan kontrol dan mempertahankan kekuasaannya terhadap perempuan.

"Sosialisasi ini gaungnya sudah cukup lama terutama di daerah jawa sana, namun pekanbaru sendiri baru pertama kali dilakukan acara seperti ini" ujarnya.

Rangkaian acara sosialisasi 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan ini di suguhi dengan sesi tanya jawab, games seru serta membagikan door prize menarik dan di tutup dengan acara foto bersama. (BI).


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar