Waduh! Cadangan BBM Indonesia Hanya Cukup 22 Hari

Rabu, 19 Februari 2014 - 03:00:41 wib | Dibaca: 1983 kali 

Gagasanriau.com ,Jakarta-Anggota Komisi VII DPR-RI, Dito Ganinduto menyebutkan dari perbandingan 5 negara yakni Singapura, Malaysia, China, AS, Indonesia, bahwa kita memiliki cadangan BBM yang sangat sedikit sekali.

"Dari data milik Pertamina, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk 242.968.342 jiwa, dengan lifting minyak 825 Ribu bph, kapasitas kilang 1.046 Ribu bph, maka cadangan BBM kita cuma cukup untuk 22 hari," ujar Dito saa diskusi Forum Energi di Kuningan Jakarta, Selasa (18/2).

Politisi Golkar ini kemudian membandingkan dengan negara tetangga Singapura. Meskipun tidak memiliki lifting minyak, negeri Singa dengan jumlah penduduk hanya 4 Juta jiwa lebih dan kapasitas kilang 1.384 Ribu bph, namun memiliki cadangan BBM untuk 90 hari.

"Kita hanya berbeda tipis dengan Negeri Jiran (Malaysia), yang memiliki cadangan BBM untuk 25 hari," jelas Dito.

China dengan jumlah penduduk 1 miliar lebih, memilki cadangan minyak untuk 90 hari. Sedangkan Amerika yang jumlah penduduknya 310 Juta lebih memiliki cadangan minyak 260 hari.

Sebelumnya Anggota Dewan Energi Nasional, Herman Agustiawan saat berbincang dengan Aktual pernah menyebutkan bahwa jika dalam kondisi perang, Indonesia bahkan tidak punya ketahanan energi.

"Kalau kita perang, jangankan untuk 3 hari, kalau misalkan musuh kita menyerang dari perbatasan Kalimantan, untuk menerbangkan Pesawat tempur dari Bandara Halim saja mungkin tidak mencukupi stok bahan bakar," terang Guru Besar Ketahanan Energi Universitas Pertahanan ini.*Actual.co.


Loading...
BERITA LAINNYA