Sudah Gaji Guru PNS Dipotong Bermodus Zakat, Pemkot Pekanbaru Juga Nunggak Gaji Guru Bantu

Rabu, 30 April 2014 - 06:59:08 wib | Dibaca: 2042 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Setelah sebelumnya ditentang para guru terkait pemotongan sepihak gaji guru bermodus zakat pendidikan, ternyata Pemerintah Kota Pekanbaru, juga menunggak gaji guru bantu selama 4 bulan.

Dana gaji guru bantu tersebut sebenarnya sudah cair dari Pemerintah Provinsi Riau namun karena lambat penanganan masalah administrasi hingga dananya lambat pencairannya.

Sebanyak 590 guru bantu belum menerima gaji sejak Januari 2014 yang harus diterima sebanyak Rp1,4 juta per orang per bulan.

"Dana dari Pemprov Riau sudah ditransfer dan dalam sepekan ini dapat dicairkan," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemkot Pekanbaru Bastian di Pekanbaru, Selasa (29/4/2014).

Dijelaskan Bastian lagi, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT sudah mengajukan permintaan kepada Bagian Keuangan Pemprov Riau.

Gaji guru bantu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Pemprov Riau karena mereka diperbantukan mengajar di sejumlah sekolah di Kota Pekanbaru dan beberapa daerah lainnya.

Menurut dia, bahwa Pemprov Riau telah mentransfer dana sekitar Rp5 miliar dan harus dibagikan kepada guru bantu.

Sedangkan saat ini pihaknya melengkapi administrasi para guru tersebut agar ketika pencairan gaji tidak mengalami kendala.

Padahal sebelumnya, pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Riau mempertanyakan pembayaran gaji guru bantu yang tertunda selama empat bulan meski sudah ada dana dan telah cari berasal dari APBD 2014.

Ketua PGRI Riau Isjoni mengatakan pihaknya merasa heran mengapa dana itu belum juga dapat dicairkan, ini ada apa sebenarnya.

Menurut dia, padahal gaji guru bantu di Kabupaten Indragiri Hilir sudah cair dan para para pendidik dapat menikmati untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.(Ant)

 


Loading...
BERITA LAINNYA