Mengajak Generasi Muda Berkreasi di Bidang Sastra, FIB Unilak Taja ‘Semarak Sastra’

Selasa, 17 Februari 2015 - 04:58:12 wib | Dibaca: 1788 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru– Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) akan menaja perhelatan ‘Semarak Sastra’. Adapun kegiatannya lomba menulis karya sastra, lomba pentas sastra dan seminar tentang kegemilangan Muara Takus.

Dekan FIB, Dr. Junaidi, M.Hum menjelaskan, bahwa perhelatan ini merupakan upaya FIB Unilak mengajak generasi muda, baik itu siswa SMA sederajat dan juga mahasiswa, mengenal dan berkarya dalam bidang sastra. Riau, kata Junaidi, selain dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah, juga memiliki karya sastra yang menyumbang peradaban bagi negara ini.

“Perhelatan ini merupakan upaya kita untuk mengenalkan dan sekaligus menggesa generasi muda berkarya dalam bidang sastra. Karya sastra merupakan sumbangan Riau terhadap negara ini. Banyak sekali karya-karya sastra Riau yang telah menyumbang ide-ide cemerlang untuk membangun peradaban di negara ini,” ujar Junaidi, Senin (16/2/2015). Junaidi menambahkan, perhelatan Semarak Sastra FIB Unilak ini, akan menggelar berbagai lomba yang diperuntukkan untuk siswa SMA sedarajat se-Riau dan mahasiswa.

“Ada lomba cipta sastra, seperti lomba menulis puisi, cerpen untuk siswa SMA sedarajat se-Riau, dan kritik sastra untuk mahasiswa dan umum. Lomba baca karya sastra, diantaranya lomba baca syair, berbalas pantun dan lomba mendongeng cerita rakyat Riau. Lomba baca karya sastra ini dibuka untuk SMA sedarajat se-Riau,” ucap Junaidi.

Selain lomba, kata Junaidi, Semarak Sastra FIB Unilak ini akan menggelar seminar berkaitan dengan kecemerlangan Muara Takus di masa lalu. “Candi Muara Takus merupakan bukti bahwa Riau memiliki peradaban yang cemerlang pada masa lalu, dan kita berupaya untuk membongkar kembali kecemerlangan itu,” jelas Junaidi.

Sementara itu, Alvi Puspita, Ketua Pelaksana menyampaikan, bahwa bagi yang berminat untuk mengikuti lomba penulisan karya sastra dan kritik sastra sudah bisa mengirim karya-karyanya dari tanggal 17 Februari dan batas terakhirnyanya tanggal 30 Maret 2015. Untuk lomba membaca karya sastra digelar pada tanggal 6 Maret di Kampus FIB Unilak.

“Bagi pemenang, panitia menyediakan uang tunai, tropi dan sertifikat. Mulai sekarang sudah bisa mengirimkan karya-karyanya. Pada tanggal 6 Maret 2015 lomba baca karya sastra, dan pada tanggal 7 Maret 2015, seminar tentang Muara Takus, dan sekaligus pengumuman lomba,” ujar dosen Program Studi Sastra Indonesia ini.

Rilis


Loading...
BERITA LAINNYA