31 Desa Siap bertarung Merebut Piala Bupati dalam perlombaan MTQ Tingkat Kecamatan:

Senin, 11 April 2016 - 11:29:00 wib | Dibaca: 2512 kali 
31 Desa Siap bertarung Merebut Piala Bupati dalam perlombaan MTQ Tingkat Kecamatan:
Pembukaan MTQ bernuansa Meriah

BENGKALIS GagasanRiau.Com - Sebanyak 31 Desa dan Kelurahan yang berada dalam kecamatan Bengkalis akan segera berlaga memperebutkan piala bupati, dalam perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Bengkalis tahun 2016. Perlombaan tersebut dibuka lansung oleh Bupati Bengkalis pada Minggu (10/4/1016) kemaren
 
Dari Pantauan Gagasan, Sebelum pembukaan MTQ tingkat Kecamatan ini dimulai, sekitar 10.ribuan masyarakat yang berasal dari 28 Desa dan 3 Kelurahan di Kecamatan Bengkalis mengikuti pawai takruf yang dihadiri Camat Bengkalis, Kapolsek, Koramil, Ketua LPTQ, LAM Riau Kecamatan Bengkalis.
 
Start pawai di berlansung di depan gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Jalan Pramuka, lalu melewati jalan samping SMAN 2, serta finish di depan astaka  MTQ kantor Camat Bengkalis.
 
Perlombaan itu akan dilaksanakan mulai tanggal 10-17 April 2016, dengan jumlah panitia sebanyak 123 orang, dan 75 orang majelis dan dewan hakimnya.
 
Bidang perlombaan yang akan dipertandingkan adalah Cabang Tilawah Qur'an, Khottil, Syarhil, Tartil, M2IQ, dan Hifzil Qur'an. Selain di Astaka utama, berbagai bidang lomba dalam MTQ ini juga dilaksanakan di aula belakang kantor Camat, Mts Negeri Bengkalis, Masjid Air Putih, dan MAN Bengkalis.
 
"Dalam pawai yang sangat meriah ini kebanyakan peserta belum jeli mengangkat tema yang sesuai dengan MTQ, misalnya adanya tulisan Asmaul Husna, nama-nama nabi, gerakan magrib mengaji. Peserta mayoritas hanya mengandalkan spanduk dan baliho," ungkap seorang warga yang tidak ingin menyebutkan namanya.
 
"24 peserta utusan Desa Simpang Ayam akan bertanding pada MTQ ini. Bidang lomba tahfis karena tidak ada peserta Desa Simpang Ayam tidak mengikutinya, " ungkap Ketua Panitia Junaidi Minggu (10/4/2016) siang.
 
Lebih lanjut, ketua LPTQ Kelurahan Damon Pula juga mengakui, akan menurunkan sekitar 13 orang peserta.
 
"Alhamdulillah, selama Training Center (TC) yang telah kami lakukan tidak ada kendala. Kami mengharapkan kepada masyarakat Kelurahan Damon dapat memberikan doa dan restu terhadap peserta Damon agar dapat tampil maksimal dalam MTQ kali ini," tutur Muhammad Isnaini Ketua LPTQ Kelurahan Damon Pula.
 
Sementar itu, Camat Bengkalis Djamaludin menghimbau kepada semua kalangan masyarakat bengkalis untuk selalu senintiasa menyuruh anak untuk membaca Al-quraan.
 
"Kami menghimbau kepada masyarakat Bengkalis dan sekitarnya untuk selalu mendidik dan membimbing anaknya membaca Al-quraan, dan untuk kali ini marilah kita datang bersama-sama menyaksikan pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Bengkalis, dan juga menyaksikan selama seminggu kegiatan ini berlangsung. Bawa keluarga untuk bersilaturahmi dengan mengunjungi tempat acara berlangsung. Peserta MTQ tingkat Kecamatan Bengkalis 2016 berjumlah 900an orang meningkatkan signifikan dari MTQ tahun 2015 yang hanya diikuti 500an peserta," papar Camat.
 
Loading...
BERITA LAINNYA