Pemekaran Untuk Kesejahteraan, Jangan Justru Tambah Sengsara

Jumat, 29 April 2016 - 17:46:00 wib | Dibaca: 3324 kali 
Pemekaran Untuk Kesejahteraan, Jangan Justru Tambah Sengsara
Kordias Pasaribu SH MSi Ketua DPD PDIP Riau

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Polemik seputar pemekaran wilayah di Provinsi Riau akhir-akhir ini makin mencuat.  Meskipun di Indonesia telah ada dasar hukum yang mengatur tentang pemekaran wilayah atau pembentukan daerah otonomi baru, namun tetap saja timbul masalah dalam pelaksanaannya.

Menanggapi persoalan pemekaran daerah, Kordias Pasaribu SH MSi, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau menyatakan bahwa masyarakat harus jeli dalam memahami persoalan pemekaran tersebut.

"Masyarakat harus memahami betul dampak dari sebuah pemekaran, jangan mau dijadikan alat oleh oknum-oknum yang akan mengambil keuntungan dari pemekaran tersebut" katanya.

Selain itu kata Kordias lagi, pemekaran suatu wilayah itu harus betul-betul berdampak baik buat masyarakat, jangan malah menjadi sengsara setelah daerah tersebut dimekarkan.

" Dampak dari pemekaran suatu wilayah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tapi bisa juga menyebabkan kesengsaraan buat masyarakat daerah tersebut, jika salah pengelolaannya"tukasnya.

Dikatakan Kordias lagi, pemekaran bukanlah barang yang haram untuk diwujudkan, dan banyak juga daerah yang melakukan pemekaran maju dan berkembang, tetapi katanya jika pemekaran tersebut murni untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Kelompok-kelompok atau oknum-oknum yang hobi bikin isu pemekaran hendaknya harus tulus memperjuangkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas layanan publik agar terjangkau, jangan pake modus, hingga  rakyat memiliki keyakinan bahwa pemekaran semata-mata untuk rakyat"tutup Kordias.

Reporter Ginta Gudia 


Loading...
BERITA LAINNYA