Jelang Ramadhan, Bau Busuk Sampah Yang Menumpuk Jadi Santapan Warga Pekanbaru

Sabtu, 04 Juni 2016 - 19:17:50 wib | Dibaca: 2320 kali 
Jelang Ramadhan, Bau Busuk Sampah Yang Menumpuk Jadi Santapan Warga Pekanbaru
Salah satu tumpukan sampah di suduk kota Pekanbaru

Gagasanriau.com, PEKANBARU - Mendekati bulan Ramadhan, wajah kota Pekanbaru semakin kotor dan bau. Warga yang melintas di beberapa lokasi yang dipenuhi tumpukan sampah terpaksa menutup hidung. Foto-foto kota dengan tumpukan sampah ini pun menjadi viral di jejaring sosial.

Sejumlah tokoh masyarakat Pekanbaru yang memiliki akun facebook sibuk mengupload foto-foto sampah di berbagai sudut kota. Salah seorang pengurus PWI Riau, Noverizon Burman, termasuk yang paling kritis soal tumpukan sampah ini. Beberapa kali yang mengupload sejumlah jalan yang dipenuhi sampah membusuk.

Foto yang diupload Novrizon Burman ini langsung banjir komentar. "Parahhh pekanbaru sekarang… meleseettt semuaaaa pejabat2 skrg… gk ada gebrakan yg bagus buat kota pekanbaru… pekanbaru skrg jadi kota yg kotor," ujar netizen bernama Novaria Alahuddin.

Netizen lain, Maria Idroes menyentil sikap pejabat yang sibuk pencitraan dan cari jabatan. "Pejabat lagi pada sibuk urusin pemilukada, rapatkan barisan utk formasi baru sjk pelantikan gubernur definitif , loby meloby labi labi , ngumpulin pundi2 dari pengaturan project2 apbd...dsb...dsb...#sibuk super duper#
Sehingga gak peduli lg ama banjir, sampah menumpuk dll... Ngeriiii yah pekanbaru / nasib Riau saat ini...paraaaahh," tulisnya.

Haryanto, netizen lainnya tak mau kalah. "Ini sampah sebenarnya sdh di kontrakan kpd rekanan secara pryk tahun jamak. Itu yg ribut2 kemaren di DPRD. Mungkin kontraktornya tak ada duit gaji buruhnya, atau duit nye tdk keluar, atau uang dibagi rata dgn tanah, ini poto membantu skli ini. Bisa nanti nego brp dananya potonya kt jd bukti sbagai laporan LSM-FPPI ke penegak hukum," tulisnya di kolom komentar.

Kegusaran yang sama disampaikan netizen Eko P. Suryaputra.  "Bener Mas Novrizon Burman... tadi malem saya baru pulang dari luar kota, spontan saya mengucap Astaghfirullahaladziim... Sangat memprihatinkan melihat kondisi kota Pekanbaru. Dimana mereka, para pejabat yang membawahi dan memiliki tugas serta tanggung jawab thd kebersihan lingkungan dan fasilitas umum ini..??!

Bahkan saking kesalnya, seorang Netizen bernama Muhammad Aderman mengusulkan masalah ini dilaporkan ke KPK. "Lapor KPK pak Haryanto biar jelas barang tu," sarannya.

Dari pantauan gagasan Riau, tidak hanya di situs jejaring sosial saja yang heboh mengkritik masalah sampah ini. Di beberapa grup jejaring Whats App juga banyak mengkritik kinerja Walikota Pekanbaru yang dinilai sibuk pencitraan untuk majulagi jadi walikota, sementara banyak pelayanan publik yang amburadul.

Untuk diketahui, berikut nama-nama jalan yang penuh dengan sampah seperti wisata sampah, Jalan Terubuk Pekanbaru, Simpang Jalan Arifin Ahmad-Rambutan Pekanbaru, Simpang Jalan Jenderal-Soekarno Hatta Pekanbaru, Jalan Yos Sudarso arah Panah Pekanbaru, Simpang Jalan Jenderal-Soekarno Hatta Pekanbaru, Simpang Jalan Balam-Puyuh Pekanbaru.***




Reporter: Ginta Gudia


Loading...
BERITA LAINNYA