Tak Ada Perhatian Pemerintah, Sarana Penghubung Dusun Pelanduk Inhil Dibangun Secara Swadaya

Rabu, 10 Agustus 2016 - 07:27:50 wib | Dibaca: 7787 kali 
Tak Ada Perhatian Pemerintah, Sarana Penghubung Dusun Pelanduk Inhil Dibangun Secara Swadaya

GagasanRiau.com, Tembilahan - Warga Dusun 2 Kuala Pelangi, Desa Pelanduk Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), perbaiki jalan atau jerambah sebagai akses penghubung secara swadaya.

Seperti penuturan Ismidar Azwir, pemuda Dusun 2 Kuala Pelangi, Masyarakat Kecamatan Mandah ini merupakan wilayah pesisir yang hidup secara berkelompok dan sumber kehidupannya bergantung secara langsung pada pemanfaatan sumberdaya laut dan pesisir. Sedangkan akses jalannya menggunakan jalan jerambah disisi bibir pantai sungai pelanduk .

"Kehidupan kami disini akses penghubungnya masih menggunakan pelantaran atau jalan jerambah untuk dilalui oleh masyarakat dusun kami," kata Azwir saat diwawancarai oleh Gagasanriau.com, Selasa (9/8/2016).

Kali ini, lanjut Azwir, jerambah hampir roboh atau ambruk, jadi masyarakat di dusun 2 kuala pelangi dengan musyawarah bersama sepakat  untuk melakuka  perkerjaan perbaikan secara bergontong royong  menggunakan dana swadaya masyarakat.



Tercetus oleh Azwir, dengan kondisi yang sangat memperihatinkan ini dan sangat terisolir, masyarakat sangat miris melihat kondisinya saat ini, dan belum ada pemerintah daerah mengupayakan untuk merelokasikan anggaran untuk perbaikan jalan jerambah tersebut.

"Padahal kami juga masyarakat Inhil, masyarakat Riau yang juga memiliki hak untuk mendapatkan perhatian dan pembangunan yang layak dari pemerintah," katanya.

Jalan jerambah yang diperbaiki ini sangat panjang, karena masyarakat hidup di bibir pantai. Sedangkan masyarakat disini memperbaiki secara berangsur-angsur, untuk sekarang, masyarakat perbaiki sekitar 80 meter panjang jerambah.

"Jadi kita pinta kepada pemerintah agar peduli dengan kehidupan kami disini," tukasnya.

Reporter: Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA