Sekda Inhil Berikan Kuliah Umum Kepada 313 Mahasiswa OPAK STAI

Senin, 05 September 2016 - 19:50:05 wib | Dibaca: 2446 kali 
Sekda Inhil Berikan Kuliah Umum Kepada 313 Mahasiswa OPAK STAI

GagasanRiau.com, Tembilahan - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Said Syarifuddin memberikan Kuliah Umum Kepada 313 Mahasiswa/Siswi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliyaurrasidin tahun 2016/2017, Senin (5/9) pagi.

Kuliah Umum tersebut bersempena dengan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2016 bagi mahasiswa baru, yang diselenggarakan di Gedung  Abdurrahman Siddiq parit 6 Tembilahan Hulu.

Kegiatan yang bertemakan 'Sebagai Langkah Awal Dalam Pembentukan Insan Akademis yang akan Menjadi Cendikiawan Muslim Untuk Menuju Generasi Emas' tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan, Ketua STAI, Dosen Dr.Ir.H.Sahrudin,MM, Dosen Drs.Helmi.D,M.Pd.

Pada kata sambutan Said Syarifuddin sebut bahwa hari ini beliau meyampaikan kuliah umum tentang perkembangan dan tantangan tantangan ekonomi syariah  di Indonesia.

"Lembaga Islam, pemaham tentang ekonomi syariah diperlukan bagi seluruh mahasiswa, baik program study ekonomi syariah maupun program study yang lain, dapat memahami bagaimana ekonomi syariah yang lagi tren di indonesia," kata Said.

Said juga dalam kesempatan itu menghimbau kepada mahasiswa baru untuk belajar dengan baik, bagaimana menggali ilmu semaksimal mungkin dan berprilakulah sebagai mahasiswa islam yang selalu mengikuti ajaran-ajaran islam.

"Sebagai bentuk kepedulian atau mengajar, saya diminta juga mengajar di sini beberapa mata kuliah yang ada di program study syariah, insyaallah saya akan mengajar disini kalau memang di butuhkan oleh STAI," katanya.

Dikatakannya lagi, Pemerintah sangat mendukung semua kegiatan-kegiatan yang ada di inhil dari tingkat sekolah maupun perguruan tinggi.

Sementara itu, Ketua STAI Auliyaurrasidin, Drs. Muhammad Ilyas, MA sebut bahwa tujuan pelaksanaan kuliah umum ini yang diselenggarakan di setiap tahun dan setiap mahasiswa baru itu diwajibkan untuk mengikuti kuliah umum atau mengantar mahasiswa untuk kuliah selajutnya.

"Materi kuliah umum itu ada sangkut pautnya dengan materi-materi setiap jurusan mahasiswa. Mahasiswa baru ini bukan hanya masuk begitu saja, tetapi ada awal pertama diberikan materi, baru mereka masuk kuliah, supaya mereka tau perbedaannya perguruan tinggi dan tidak sama sekolah tingkat menengah atas," ucapnya.

Ilyas juga katakan sangat bersyukur kehadiran Sekda Inhil, karena bersedia memberikan materi yang ada sangkut paudnya masalah ekonomi syari'ah. Karena sekda juga serjana Ekonomi, sedikit banyaknya memberikan dorong-dorongan tentang pembukaan jurusan dari pada ekonomi syari'ah di sini dan juga membantu kepada kami di sini dan memberikan dukungan terhadap STAI, serta memberikan motivasi terhadap mahasiswa, khusus untuk jurusan ekonomi syari'ah dan jurusan lainnya.

Disini ada 4 Program Studi, lanjutnya, PAI, PGMI, Ekonomi Syariah, PGRA Pendidikan, alhamdullilah kami sangat menerima sekali dan meyambut baik kehadiran sekda untuk mengajar disini  kalau memang bersedia menjadi dosen," katanya lagi menjawab pernyataan Sekda yang bersedia menjadi dosen jika dibutuhkan di Stai.

Terakhir, Ilyas berpesan kepada seluruh mahasiswa/i untuk serius dalam menimba ilmu di kampus STAI Auliyaurrasidin. "Jangan kecewakan orang tua yang telah berkorban untuk membiayai kalian untuk menimba ilmu disini. Harapan mereka agar kalian bisa menjadi orang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.

Humas/Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA