Soal Sarden Mengandung Cacing, BBPOM Sebut Sudah Jatuhkan Sanksi ke Distributor dan Importir

Jumat, 23 Maret 2018 - 11:00:27 wib | Dibaca: 1279 kali 
Soal Sarden Mengandung Cacing, BBPOM Sebut Sudah Jatuhkan Sanksi ke Distributor dan Importir
Ilustrasi. (f: int)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, Muhammad Kashuri merincikan sejumlah merk ikan kemasan kaleng yang mengandung cacing jenis Anisakis SP.
 
Setidaknya, ada 3 merk kemasan ikan kaleng yang diduga mengandung cacing tersebut. Pihaknya memastikan, sudah melayangkan surat peringatan keras kepada pihak Importir. Yakni di antaranya di Batam dan di Jakarta.
 
''Kita juga sudah meminta agar produk tersebut ditarik dari pasaran. Terkait ini, kita juga turun ke lapangan untuk memastikan produknya memang sudah ditarik semuanya,'' sambung dia.
 
Dalam hal ini, Kashuri juga menghimbau agar masyarakat tidak terlalu resah dan takut yang berlebihan. Jika ditemukan, masyarakat bisa langsung melapor ke BBPOM.
 
Dikatakan dia, pihak BBPOM akan mengevaluasi bagaimana produk itu bisa sampai beredar. Pasalnya, pihak BBPOM mengklaim jika sudah melakukan penilaian terhadap hasil uji produk tersebut sebelum mendapatkan ijin edar.
 
''Sepanjangan pemasukannya (mengedarkan ke pasaran), ini menjadi tanggung jawab produsen. Mereka harus memastikan mutu dan keamanan, jangan hanya saat pendaftaran ijin edar, tapi pas sudah beredar juga harus dijaga,'' papar dia.
 
Ditambahkan dia, sanksi administratif sudah diberikan kepada pihak distributor dan importir yang tak konsisten menjaga mutu dan kualitas produknya itu. ''Bahkan sanksi bisa sampai mendekati level pencabutan izin,'' tutup dia.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : tribunpekanbaru.com

Loading...
BERITA LAINNYA