Kepala BB-POM Pekanbaru Sebut Mengkonsumsi Cacing di Sarden Bisa Berakibat Fatal, Bila...

Ahad, 25 Maret 2018 - 12:55:02 wib | Dibaca: 3704 kali 
Kepala BB-POM Pekanbaru Sebut Mengkonsumsi Cacing di Sarden Bisa Berakibat Fatal, Bila...
Ilustrasi. (f: int)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Balai Besar POM (pengawasan obat dan makanan) di Pekanbaru menyatakan cacing pada ikan sarden tidak berbahaya, hanya saja cacing tersebut dapat menyebabkan alergi dan sesak nafas bagi sebagian masyarakat yang mengkonsumsinya.
 
BB-POM di Pekanbaru sebelumnya resmi merelease tiga merek ikan makarel kaleng atau sarden yang beredar di Provinsi Riau mengandung cacing.
 
Ketiga merek dimaksud yaitu Farmerjack, Hoki dan IO, yang diduga berasal dari Singapura. Dikarekan ketiga merek ikan makarel itu positif mengandung cacing, BB-POM Pekanbaru juga sudah memberi peringatan keras kepada importir agar menariknya dari pasaran dan tidak menyalurkannya ke pedagang.
 
Terkait seperti apa dampak terhadap manusia apabila mengkonsumsi ikan makarel yang mengandung cacing, Kepala BB-POM Pekanbaru Kashuri mengatakan cacing dapat menyebabkan alergi dan gatal-gatal bagi orang-orang tertentu. Tapi cacing juga juga bisa berakibat fatal, terutama bagi yang menderita asma.
 
Guna menarik peredaran ikan makarel mengandung cacing di pasaran, BB-POM Pekanbaru bersama instansi pemerintah akan melakukan pengawasan selama sebulan ke depan.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : RiauTelevisi
 

Loading...
BERITA LAINNYA