Jembatan Siak IV Diduga Ada Kegagalan Konstruksi, Gubri Diminta Segera Panggil Kontraktor Dan Kadisnya

Ahad, 29 Desember 2019 - 17:37:36 wib | Dibaca: 3857 kali 
Jembatan Siak IV Diduga Ada Kegagalan Konstruksi, Gubri Diminta Segera Panggil Kontraktor Dan Kadisnya
Jembatan Siak IV diduga

GAGASANRIAU.COM, PEKABARU - Rusaknya jembatan Siak IV diduga ada kegagalan konstruksi. Gubernur Riau diminta untuk memanggil pihak kontraktor dan Kepala Dinas PUPR Provinsi untuk bertanggungjawab terhadap proyek tersebut.
 
Hal itu dusampaikan oleh Mardianto Manan, Praktisi Perkotaan Mardianto menanggapi kerusakan yang terjadi di Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau juga lebih dikenal dengan nama Jembatan Siak IV tersebut.
 
"Kalau itu memang benar terjadi kerusakan dan tengah dilakukan perbaikan, berarti itu tandanya ada kegagalan konstruksi yang dilakukan oleh kontraktor," ungkapnya pada Minggu petang (29/12/2019).
 
Mardianto menyarankan agar Gubernur Riau Syamsuar memanggil Kepala Dinas (Kadis) PUPR Riau untuk meminta penjelasan.
 
Karena kerusakan yang terjadi terhadap jembatan tersebut para pihalk yang terlibat harus diberikan sanksi tegas. Termasuk dalam hal ini kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut. Pasalnya kerusakan yang terjadi itu dapat mengancam kelangsungan hidup warga di Provinsi Riau.
 
"Kadisnya dikasih sanksi. Dan harusnya ini menampar muka kontraktor dan juga konsultan," tegas Mardianto.
 
Di lain pihak, Pakar Konstruksi Universitas Islam Riau (UIR), Prof Sugeng meminta instansi terkait segera mengecek kondisi Jembatan Siak IV Pekanbaru yang opritnya mengalami penurunan.
 
"Iya setelah saya lihat memang benar terjadi perubahan oprit pada jembatan penghubung menuju jembatan bentang utamanya," kata Prof Sugeng dilansir cakaplah.com, Kamis (26/12/2019).
 
Karenanya, Sugeng meminta jembatan penghubung Kota Pekanbaru dengan kecamatan Rumbai Pesisir ini harus segera diperbaiki, karena akan mengganggu keamanan jalan.
 
"Penurunan oprit Jembatan Siak IV ini harus dilihat ada pengaruh tidak dengan stabilitas abutment-nya. Harus dicek apakah ada pergeseran apa tidak," cakapnya.
 
Sebab menurut Sugeng, jika terjadi pes jalan. Yang penting harus segera dicek dan ditangani, persoalan ini jangan dianggap remeh," tegasnya

Loading...
BERITA LAINNYA