Apa Sih Manfaat Gadget? dan Dampaknya

Rabu, 06 Mei 2020 - 21:44:10 wib | Dibaca: 6316 kali 
Apa Sih Manfaat Gadget? dan Dampaknya
Ilustrasi

Di zaman yang serba modern ini, teknologi gadget mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal kemunculannya yang hanya sebatas alat untuk telepon, kini gadget berubah menjadi seakan-akan kebutuhan primer bagi setiap manusia. 
 
Alat ini terus berkembang untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Walaupun demikian, di balik sisi positif yang ada di gadget, ternyata juga terdapat dampak-dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh gadget. 
 
Berikut adalah dampak positif dan negatif penggunaan gadget:
 
- Dampak positif
 
a. Menambah ilmu pengetahuan
Gadget kini menjadi media yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi di mana pun dan kapan pun sehingga menambah wawasan dan pengetahuan. Bahkan, kini anak-anak sudah tak asing dengan barang ini. Mereka biasa mengakses internet untuk hiburan, maupun sebagai sarana untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.
 
b. Mempermudah komunikasi
Ini adalah fungsi utama gadget, yakni membuat seseorang seolah-olah bertemu meskipun berbeda tempat. Melalui fitur Video call dari berbagai aplikasi yang ada saat ini, kita bisa tersambung dengan keluarga, teman atau pacar seperti bertatap muka langsung.
 
c. Memperluas jaringan pertemanan
Munculnya berbagai situs media sosial seperti line, instagram, path, skype memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai belahan dunia sekalipun. Gadget membuat dunia seakan-akan berada dalam genggaman kita.
 
- Dampak negatif
 
a. Risiko terkena radiasi
Menurut beberapa penelitian, menggunakan gadget terlalu sering akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak kecil. Pancaran sinar dari layar sangat membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf.
 
 
b. Kecanduan
Seperti sudah dibahas di atas, saat ini gadget bagi sebagian orang merupakan kebutuhan primer. Mereka tidak bisa dipisahkan. Hal ini membuat mereka kecanduan, terutama bagi yang hobi bermain game. Kecanduan seperti ini menyebabkan mereka kurang berinteraksi dengan orang lain.
 
c. Lupa Akan Keadaan Lingkungan sekitarnya
Seseorang akan lupa dengan sekeliling nya apabila sudah memegang gadget, dengan begitu banyak tindak kejahatan yang terjadi dan perampasan handphone . Bukan itu saja seseorang yang sudah menggenggam handphone akan lupa bersosialisasi dan gak mudah bergaul, hidupnya sudah dikuasai oleh handphone
 
d. Risiko penyalahgunaan
Kali ini adalah bahaya laten gadget bagi anak-anak terhadap penggunaan gadget apabila kita tidak mengawasinya. Di balik kemudahan kita mengakses informasi melalui gadget, akan menjadi riskan bagi anak-anak. Sudah banyak kasus pelajar yang berbuat cabul akibat kecanduan pornografi melalui gadget. Ini bisa membuat anak salah jalan, hingga membuat mereka melakukan hal–hal yang menyimpang.
 
Nah dari dampak positif dan negatifnya gadget itu di pengaruhi oleh diri si penggunanya , apabila di gunakan ke yang positif gadget itu berguna dan menghasilkan, contohnya kita menggunakan gadget seperlunya dan membuat karya melalui gadget dengan menulis suatu karya tulis di blog pribadi atau membuat kanal untuk video yang bermanfaat untuk orang dan apabila penggunaanya berlebihan akan berdampak buruk.
 
 
Penulis: Robby Oslando (Mahasiswa Universitas Islam Riau)

Loading...
BERITA LAINNYA