Kenali Manfaat dan Penyebab Jika Tidak Mengkonsumsi Susu

Ahad, 10 Mei 2020 - 16:46:03 wib | Dibaca: 2209 kali 
Kenali Manfaat dan Penyebab Jika Tidak Mengkonsumsi Susu
Foto ilustrasi

Bagi setiap orang pasti manfaat susu bagi tubuh tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Susu adalah salah satu cairan berwarna putih yang di hasilkan mamalia betina. Kandungan gizi susu terdapat vitamin B2 dan vitamin A, selain protein juga terdapat macam-macam asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh serta terdapat kolin yang melimpah.
 
Nutrisi penting yang ditemukan untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin membantu menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak dan dapat mengurangi peradangan kronis.
 
Kandungan gizi susu membantu dalam pembentukan, pertumbuhan, dan perbaikan tulang. Kandungan susu ini juga memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan fungsi kekebalan tubuh.
 
Dengan mengonsumsi minimal segelas susu sapi setiap hari, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan vitamin susu sapi bagi tubuh, di antaranya:  
 
1. Susu bagus untuk pembentukan tulang
 
Manfaat susu sapi yang pertama adalah bahwa susu sapi baik untuk tulang karena sebagai sumber kalsium yang kaya, mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Susu sapi diperkaya dengan vitamin D, yang juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kandungan susu berupa kalsium dan vitamin D membantu mencegah osteoporosis.
 
Cara lain untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis termasuk aktivitas fisik secara teratur dan latihan kekuatan, menghindari merokok dan makan makanan sehat yang rendah sodium dan tinggi potasium. Sebagian besar vitamin D tubuh disintesis oleh tubuh saat terpapar sinar matahari, jadi menghabiskan waktu di luar rumah juga penting.
 
2. Susu menyehatkan jantung kita
 
Susu sapi adalah sumber potasium, yang dapat meningkatkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan menurunkan tekanan darah.
 
Makanan kaya kalium termasuk susu sapi, jeruk, tomat, bayam, pisang, plum, dan yoghurt. Peningkatan dramatis asupan kalium dapat memiliki risiko, termasuk masalah jantung, sehingga perubahan dalam diet atau penggunaan suplemen harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
 
Susu sapi juga mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol, yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
 
3. Susu mencegah kanker didalam tubuh
 
Vitamin D mungkin memainkan peran dalam regulasi pertumbuhan sel dan perlindungan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ada risiko kematian yang lebih tinggi dari kanker kolorektal di wilayah geografis yang paling sedikit mendapat cahaya matahari. Sebagai solusi untuk mendapatkan vitamin D selain dari sinar matahari, manfaat susu sapi juga mengandung vitamin D yang dapat memberikan perlindungan serupa.
 
4. Susu bisa mengatasi depresi/stress
 
Jumlah vitamin D yang memadai dalam tubuh dapat mendukung produksi serotonin, hormon yang terkait dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Sementara kekurangan vitamin D dapat menyebabkan depresi, kelelahan kronis, dan PMS. Susu sapi dan makanan lainnya biasanya diperkaya dengan vitamin D. Jadi, bila sedang mengalami depresi, minumlah susu sapi, karena manfaat susu sapi dapat menenangkan.
 
5. Susu membangun otot dan sel sel sendi
 
Susu sapi dirancang untuk membantu bayi sapi tumbuh cepat, sehingga masuk akal bahwa manusia yang meminum susu sapi juga alan tumbuh dengan cepat. Susu sapi adalah sumber kaya protein berkualitas tinggi, mengandung semua asam amino esensial. Susu murni juga merupakan sumber energi yang kaya dalam bentuk lemak jenuh, yang dapat mencegah massa otot digunakan untuk energi.
 
Meski banyak vitamin di dalam susu, masih ada sebagian orang yang tidak suka minum susu. Padahal banyak manfaat yang akan diperoleh dengan mengonsumsi susu. Oleh karena itu jika Anda tidak suka terhadap susu, maka beberapa penyakit ini yang akan terjadi pada tubuh Anda.
 
1. Kinerja otak semakin lambat
 
Sangat sulit berkonsentrasi dan cepat mengangtuk pada saat belajar ini karena kebiasaan kurang meminum susu.
 
2.Sel sel sendi mudah nyeri
 
Orang yang tidak suka minum susu cenderung mengalami arthritis yang berakibat pada kerusakan sendi dan rasa sakit. Lingkungan yang asam dalam tubuh akan mengurangi kepadatan tulang di samping sendi yang akan meradang. Intinya susu merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.
 
3. Insomnia
 
Setiap orang harus tidur 6 sampai 8 jam perhari, kekurangan tidur bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh,maka dari itu harus komsumsi makanan berprotein dan kalsium yang dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit.
 
4. Mudah sekali lelah
 
Susu mengandung kadar zat tinggi yang disebut tryptophan yang diperlukan untuk produksi serotonin pada otak. Seritonin juga membantu mengatur siklus tidur yang berfungsi untuk memproduksi melatonin. Intinya Anda yang tidak menyukai susu, akan merasa lebih cepat lelah dibandingkan dengan orang yang rutin meminum susu.
 
Namun jika seseorang tidak menyukai susu ataupun merasa kembung dan perut tidak enak saat meminum susu, bisa disiasati dengan meminum susu usai makan. Selain itu juga bisa dengan membuat makanan atau snack menggunakan tambahan bubuk susu, misalnya puding dan skoteladi bisa disiasati dengan membuat makanan yang pakai susu, bisa juga dengan makanan makanan yang sudah mengandung susu didalamnya misalnya sup krim, lalu pasta yang creamy
 
 
Loading...
BERITA LAINNYA