8 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sabtu, 13 Juni 2020 - 12:46:13 wib | Dibaca: 6559 kali 
8 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Temulawak atau curcuma xanthorriza dikenal sebagai bahan olahan jamu  tradisional. Tanaman herbal berkhasiat yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. 
 
Temulawak tidak hanya di manfaatkan untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan. Temulawak adalah tanaman herba yang termasuk kedalam golongan temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu didalam tanah. 
 
Temulawak memiliki banyak kandungan nutrisi seperti zat tepung, kurkimin, minyak astiri, protein, zat besi dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang ada di temulawak. Kandungan nutrisi tersebut yang membuat temulawak memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.
 
Meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak, namun bukan serta merta dapat di konsumsi secara berlebihan. Karena temulawak juga memiliki efek samping apabila mengkonsumsi secara berlebihan. 
 
Untuk penggunaan dalam waktu singkat temulawak aman untuk di konsumsi. Namun, jika di gunakan dalam waktu yang lama bisa menimbulkan iritasi perut dan mual. Tidak hanya itu bagi yang memiliki penyakit hati dan masalah empedu ada baiknya untuk menghindari mengkonsumsi temulawak. Karena dapat memicu peningkatan produksi empedu yang akan memperuntuk kondisi kesehatan.
 
Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh
Perlu diketahui bahwa temulawak termasuk dalam keluarga zingiberaceae dengan bagian yang sering dimanfaatkan adalah rimpang nya. Hal ini disebabkan karena rimpang temulawak mengandung obat antioksidan. 
 
Berikut adalah manfaat temulawak untuk kesehatan :
 
1. Mengatasi masalah sistem pencernaan
 
Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang produksi cairan empedu dikantong empedu. Hal ini dapat membantu proses pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh. Tidak hanya itu, menurut para ahli temulawak juga dapat mengatasi perut kembung, membantu masalah pencernaan yang tidak lancer serta meningkatan nafsu makan. Khasiat temulawak yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah susah buang air besar.
 
2. Mengatasi peradangan sendi
 
Peradangan pada sendi atau osteoarthritis sering kali membuat penderitanya mengalami sakin di bagian persediannya. Mengkonsumsi temulawak juga dipercaya dapat meredakan sakit pada sendi. Bahkan sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa temulawak memiliki khasiat yang sama dengan ibu profen yang sering diberikan kepada orang yang menderita osteoarthritis.
 
3. Meningkatkan nafsu makan
 
Manfaat temulawak yang satu ini sepertinya bisa dimanfaatkan bagi orang tua yang memiliki anak dengan nafsu makan yang rendah. Temulawak dipercaya bisa menjadi obat yang ampuh untuk dapat meningkatkan nafsu makan anak. Temulawak dapat mempercepat pengosongan perut atau proses pencernaan sehingga nafsu makan akan segera meningkat dan membuat anak gampang lapar. 
 
4. Mengatasi perut kembung
 
Perut kembung akibat masuk angina memang sring kali tidak disadari oleh tubuh. Kelebihan gas di usus atau perut kembung bisa terjadi akibat menelan udara terlalu banyak, makan berlebihan, merokok, atau mengunyah permen karet. Temulawak mampu mengatasi masing angina karena adanya kandungan piridoksin pada tanaman tersebut.
 
5. Meningkatkan daya tahan tubuh
 
Salah satu manfaat dari temulawak yang terkenal adalah temulawak mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari dari berbagai macam penyakit. Meski semua bagian dari temulawak bisa dimanfaatkan, akan tetapi rimpang adalah bagian yang paling banyak digunakan. 
 
Rimpang terdiri dari berbagai jenis senyawa seperti amylase, phenolase, lemak,dan minyak astiri. Untuk bisa mengkonsumsinya, bisa dengan mengolah temulawak menjadi minuman dengan cara merebusnya.
 
Manfaat temulawak untuk kecantikan
 
Selain di gunakan untuk kesahatan tubuh, temulawak juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Manfaat temulawak untuk kecantikan bisa di dapatkan dengan dua acara yaitu dengan mengkonsumsi sari temulawak atau dengan menggunakan masker. Jadi tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya untuk perawatan wajah. Kini bisa menggunakan temulawak untuk masalah kecantikan.
Berikut adalah manfaat temulawak untuk kecantikan : 
 
1. Membantu mengatasi jerawat
 
Jerawat merupakan peradangan diwajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicu dari timbulnya jerawat sangat beragam seperti faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersing dalam merawat wajah. Munculnya jerawat sangat meresahkan karena dapat menimbukan rasa sakit dan juga dapat merusak penampilan.
Temulawak dipercaya dapat meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Penggunaan temulawak untuk mengatasi jerawat dapat di gunakan sebagai masker.
 
2. Kulit wajah menjadi lebih cerah
 
Manfaat berikutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati diwajah memang merupakan penyebab kulit menjadi kusam dan gelap. Agar kulit menjadi lebih cerah, kamu bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin pada wajah agar mengangkat sel kulit mati.
 
3. Menghaluskan kulit wajah
 
Manfaat temulawak selanjutnya adalah mengahaluskan wajah. Kamu bisa menggunakan secara rutin untuk mendapatkan wajah halus dan tidak kasar. Kalau kulit wajah halus maka akan terlihat lebih terawat.
 
Penulis: Muhamdi (Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau)
Loading...
BERITA LAINNYA