Waka DPRD Pekanbaru Minta Semua yang Masuk Pekanbaru Wajib Rapid Test dan Memiliki Surat Keterangan Sehat

Sabtu, 19 September 2020 - 17:14:49 wib | Dibaca: 872 kali 
Waka DPRD Pekanbaru Minta Semua yang Masuk Pekanbaru Wajib Rapid Test dan Memiliki Surat Keterangan Sehat
Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Semakin meningkatnya kasus positif Covid-19 di Pekanbaru bahkan ada juga yang meninggal dunia, membuat Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE semakin khawatir. Politisi Partai Demokrat ini meminta Tim Gugus Tugas semakin memperketat pengawasan, selain itu juga memantau penerapan protokol kesehatan agar lebih disiplin.
 
"Saya menyarankan tim Gugus Tugas mengontrol rumah sakit mana saja yang bisa mengeluarkan surat kesehatan tersebut, sehingga hasilnya lebih akurat. Karena ada juga yang datang membawa surat kesehatan ternyata belakangan diketahui positif Covid-19," kata Tengku Azwendi Fajri, saat dikonfirmasi melalui selulernya, Sabtu (19/9/2020).
 
Dikatakan Azwendi, seluruh masyarakat yang terpaksa melakukan perjalanan keluar masuk Kota Pekanbaru wajib menjalani rapid tes dan memiliki surat kesehatan yang dikeluarkan oleh instansi berkompeten, agar bisa dipertanggungjawabkan.
 
"Rapid test semua masyarakat pergi dan datang wajib rapid test, bukan hanya perjalanan udara, darat, laut juga diberlakukan," pinta Azwendi.
 
Azwendi juga minta pintu masuk Kota Pekanbaru diperketat, pantau petugas yang ada di pintu masuk apakah sudah bekerja sesuai dengan aturan. Pastikan semua yang datang dilakukan rapid test dan memiliki surat keterangan sehat.
 
"Rapid saran saya jangan yang tusuk jari, pakai metode ambil darahnya bawa ke lab dan dalam waktu 2 atau 3 jam bisa diketahui hasilnya, kalau swab kan butuh waktu lama mengetahui hasilnya," sarannya.
 
Uji cepat rapid test dan swab ini penting dilakukan untuk bisa memetakan penyebaran virus korona 2019 (COVID-19) ini. Selain itu juga nantinya menjadi bahan evaluasi untuk membuat langkah selanjutnya supaya bisa memutus mata rantai penularan COVID-19 berdasarkan hasil yang didapati dari lab itu.
 
Selain itu juga dia berpesan kepada masyarakat supaya untuk terus mendisiplinkan diri menerapakan protokol kesehatan bahkan melakukan rapid test atau swab untuk memastikan diri bebas dari COVID-19.
 
Kemudian lagi, kembali ia berpesan untuk selalu menggunakan masker saat melakukan aktifitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumum. Dengan demikian katanya akan dapat terpantau kesehatan masing-masing diri. Selain itu juga rajin mengkonsumsi vitamin C dan makanan bergizi.   

Loading...
BERITA LAINNYA