Puncak Hari Nusantara 2020, Wagubri Hadiri secara Virtual

Senin, 14 Desember 2020 - 13:10:14 wib | Dibaca: 860 kali 
Puncak Hari Nusantara 2020, Wagubri Hadiri secara Virtual

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU- Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution menghadiri acara puncak Hari Nusantara tahun 2020 secara virtual di Rumah Dinas Wagubri, Minggu (13/12). 
 
Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember ini merujuk Deklarasi Djuanda tahun 1957 sebagai konsep wilayah untuk menjaga kedaulatan bangsa. 
 
Puncak Hari Nusatara tahun 2020 kali ini dipusatkan di Ancol Jakarta berlangsung meriah. Meskipun digelar dimasa pandemi, acara tetap berjalan dengan menggunakan protokol kesehatan. 
 
Dengan tema "Penguatan Budaya Bahari Untuk Meningkatkan Ekonomi Maritim di Era Digital", puncak Hari Nusantara tahun 2020 yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Wodod akhirnya digantikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD. 
 
Mewakili Presiden RI, serta membuka acara  secara virtual Menko Polhukam mengatakan peringatan Hari Nusantara mempunyai makna yang sangat penting, berawal dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh perdana menteri Indonesia pada saat itu yaitu Djuanda Kartawidjaja. 
 
Lebih lanjut, Mahfud menjelaskan melalui deklarasi tersebut Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautan nya yang sangat luas sehingga menyatu menjadi satu kesatuan yang utuh dan berdaulat. 
 
"Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia," katanya. 
 
Seperti diketahui, Indonesia memiliki 17.499 pulau. Dengan luas total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta km2. Dari tota luas wilayah tersebut 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 merupakan zona ekonomi eksklusif. Sekitar 2,01 juta km2 merupakan daratan. 
 
Dengan luasnya wilayah laut yang ada sebut Mahfud Md, Indonesia memiliki potensi Kelautan dan Perikanan yang sangat besar. 
 
Sesuai tema tahun ini, Mahfud mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus menggelorakan budaya Bahari, mengoptimalkan perairan laut Indonesia sebagai penyatu ekonomi bangsa, memelihara laut agar anak cucu dapat menikmati dan merasakan manfaatnya. 
 
"Selamat merayakan peringatan Hari Nusantara tahun 2020 semoga kekayaan Nusantara yang kita miliki ini dapat lebih memakmurkan negeri dalam pembangunan nasional, mewujudkan Indonesia yang damai, penuh kekeluargaan serta menjadi negara maritim dengan budaya Bahari nya yang mampu mengelola potensi sumber daya alam laut untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani di dunia," pungkasnya. 
 
Dalam kesempatan itu Wagubri didampingi langsung oleh Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting dan Sekretaris Dinas Kominfotik Provinsi Riau, Sri Mekka.

Loading...
BERITA LAINNYA